Timnas Indonesia U-16 Rotasi Pemain saat Lawan Vietnam di Piala AFF U-16 2024

Timnas Indonesia U-16 Rotasi Pemain saat Lawan Vietnam di Piala AFF U-16 2024

Olahraga | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 21:43
share

SOLO, iNews.id – Timnas Indonesia U-16 bakal merotasi pemain lawan Vietnam di perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024, Rabu (3/7/2024) sore. Hal tersebut diungkapkan pelatih Garuda Asia, Nova Arianto.

Skuad Garuda Asia terpaksa bermain di perebutan tempat ketiga setelah takluk 3-5 dari Australia U-16 di babak semifinal. Sedangkan Vietnam menelan kekalahan pahit dari Thailand dengan skor 1-2.

Menjelang laga tersebut, Nova mengatakan masa pemulihan yang terbatas akan menjadi tantangannya. Namun dia tidak terlalu khawatir karena akan melakukan rotasi pemain saat menghadapi Vietnam.

“Pastinya dari recovery karena kita hanya punya sehari setelah itu main lagi, tetapi tujuan kita di Piala AFF adalah mencoba semua pemain. Dan mungkin kita akan rotasi,” kata Nova usai laga kontra Australia, dikutip Selasa (2/7/2024).

Bukan maksud menyepelekan lawan atau tidak serius memperebutkan tempat ketiga. Tapi, Nova menyampaikan bahwa tujuan utamanya sejak awal di Piala AFF U-16 ini memang mencari pemain-pemain terbaik untuk nantinya berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. 

“Karena kita akan benar-benar menggali pemain terbaik. Siapa yang akan kita bawa di kualifikasi Piala Asia. Semua pemain yang tampil di AFF akan kita evaluasi kedepannya,” tuturnya.

“Siapa saja yang siap dan posisi mana saja yang perlu kita tambah akan kita cari lagi agar benar-benar di kualifikasi piala asia kita bisa lebih siap lagi. Jadi untuk pertandingan melawan Vietnam akan kita rotasi lagi,” jelas Nova.

Sejak awal, sejatinya Nova memang telah menyampaikan kalau menjadikan Piala AFF U-16 2024 sebagai persiapan mereka untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Rencananya, gelaran tersebut akan dimulai pada 23 sampai 27 Oktober mendatang.

Indonesia tergabung dalam Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara di babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Karena itu Nova mematangkan skuadnya, mengingat lawan yang akan dihadapi mereka adalah lawan-lawan tangguh.

Topik Menarik