Telan Anggaran Rp29,29 Miliar, PUPR Sulap Kawasan Kumuh di Yogyakarta jadi Begini

Telan Anggaran Rp29,29 Miliar, PUPR Sulap Kawasan Kumuh di Yogyakarta jadi Begini

Ekonomi | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 12:39
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menata kawasan kumuh di Kawasan Mrican, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Adapun, anggaran yang digelontorkan mencapai Rp29,29 miliar.

Menurut Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti  penanganan kumuh seluas 21,16 hektare di Mrican awalnya merupakan deretan permukiman padat dengan gang sempit di tepi Sungai Gajahwong. Akibatnya, banjir dan kebakaran rentan terjadi di lokasi.
 
"Permasalahan aspek lingkungan seperti ketidakteraturan bangunan, sistem drainase yang tidak baik, sanitasi yang tidak memadai, kerentanan terhadap kebakaran hingga risiko banjir membuat kita mempunyai tugas untuk berkolaborasi penuntasan kumuh," ujar Diana dalam keterangan resminya, Senin (2/7/2024).

PUPR melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY pun berhasil mengubah wajah kumuh Mrican menjadi permukiman yang sehat, aman, dan layak huni.

Kolaborasi dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Sleman melalui penataan bangunan menjadi lebih teratur, sementara Kementerian PUPR meningkatkan infrastruktur dengan membangun talud sungai, jalan inspeksi dan lingkungan, drainase, jembatan, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, Tempat Pengolahan Sampah dengan Konsep 3R (TPS3R), proteksi kebakaran, street furniture, urban farming, microlibrary, pos pantau banjir, dan ruang terbuka publik.
 
"Salah satu nilai baik dari penataan ini yaitu prinsip 3M (Mundur, Munggah, Madhep Kali) yang menjadikan bangunan di bantaran sungai menghadap ke sungai (waterfront), dan mengedepankan pendekatan tradisional kontemporer, yang menggabungkan elemen-elemen modern dengan sentuhan kearifan lokal," ucap Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman, Wahyu Kusumosusanto.

Topik Menarik