Hasto Ungkap Pesan Megawati soal Coklit Pilkada, Pastikan Hak Pilih Warga Terjamin

Hasto Ungkap Pesan Megawati soal Coklit Pilkada, Pastikan Hak Pilih Warga Terjamin

Terkini | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 11:36
share

JAKARTA, iNews.id - Sekjen PDI-Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada 2024. Menurut dia, Megawati menganggap kegiatan tersebut sangat penting untuk memastikan seluruh warga yang berhak memilih dapat menggunakan hak pilihnya.

"Jadi ini satu hal yang baik. Dari Ibu Mega kan selalu mengirimkan pesan kepada kami seluruh kader PDIP untuk mendukung seluruh tahapan pemilu, khususnya yang berkaitan dengan data pemilih. Karena apa pun hak konstitusional warga untuk memilih itu dijamin konstitusi," ujar Hasto saat menerima petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kota Bekasi di kediamannya, Villa Taman Kartini, Bekasi, Selasa (2/7/2024).

Dia menyinggung kisruh DPT yang terjadi pada Pemilu 2009 lalu. Kala itu, kata dia, DPR menggunakan haknya untuk melakukan angket terkait DPT.

"Saya inisiator hak angket ketika menjadi anggota DPR, terkait dengan persiapan DPT. Karena ini bukan masalah teknis, DPT bukan masalah teknis tapi ini ideologis. Tiap warga negara punya hak pilihnya itu harus dijamin oleh konstitusi. Agar bisa menggunakan haknya dalam memilih. Maka kami berjuang habis-habisan," tuturnya.

Dia mengatakan, coklit sangat diperlukan dalam mewujudkan pemilu yang demokratis. Oleh karena itu, dia memberikan apresiasi kepada penyelenggara maupun Pengawas Pemilu yang telah melakukan kegiatan ini.

"Pendataan pemilih secara langsung merupakan jalan untuk melindungi hak konstitusional warga negara yang memenuhi syarat merupakan hal yang sangat baik," tutur dia.

Sementara itu, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Jawa Barat Ahmad Nur Hidayat menjelaskan coklit dilakukan untuk memastikan data pemilih sekaligus melindungi hak pilih masyarakat.

"Kalau sesuai kami akan mencatatnya juga sesuai. Tujuan utamanya kami melindungi hak pilih," kata Ahmad.

Topik Menarik