Profil Iffa Rosita, Kader Aisyiyah Muhammadiyah yang Akan Gantikan Hasyim Asy'ari di KPU 

Profil Iffa Rosita, Kader Aisyiyah Muhammadiyah yang Akan Gantikan Hasyim Asy'ari di KPU 

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 12:04
share

JAKARTA, iNews.id - Iffa Rosita akan menggantikan Hasyim Asy'ari usai dipecat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU). Profil Iffa Rosita menarik untuk diketahui.

Iffa lahir di Kalimantan Timur pada 30 April 1979. Dia merupakan kader Aisyiyah Muhammadiyah. 

Dia pernah menjabat sebagai Ketua bidang Immawati Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Samarinda. Dia juga pengurus Aisyiyah Kota Bontang.

Selain itu, dia aktif di Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bontang. Dia juga menjadi dosen di STIR Muhammadiyah Samarinda.

Iffa juga mempunyai pengalaman di bidang kepemiluan. Dia pernah menjabat sebagai anggota KPU Kota Bontang dan Anggota KPU Provinsi Kalimantan Timur.

Nama Iffa pengganti Hasyim disinggung oleh anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus. Iffa mendapat suara tertinggi saat pencalonan Komisioner KPU.

"Nomor urut 8 kalau tidak salah saudari Iffa dari Kalimantan," kata Guspardi saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Panitia seleksi menyerahkan 14 orang calon anggota KPU 2022-2027 ke Komisi II DPR pada 2022. Sementara itu, yang terpilih menjadi anggota KPU berjumlah 7 orang.

Artinya, pengganti Hasyim yaitu calon anggota KPU peringkat 8 sesuai pemungutan suara yang dilakukan oleh Komisi II DPR pada 2022.

Iffa berada di posisi cadangan kedua. Sedangkan posisi pertama Viryan sudah meninggal dunia, artinya Iffa yang akan menggantikan Hasyim.

"Mudah-mudahan dalam seminggu ini Bapak Presiden bisa mengeluarkan surat keputusan terhadap apa yang sedang kita bicarakan," katanya.

Topik Menarik