AirAsia Respons Viral Selebgram asal Medan Gagal Terbang gegara Paspor Lecet Tipis 

AirAsia Respons Viral Selebgram asal Medan Gagal Terbang gegara Paspor Lecet Tipis 

Ekonomi | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 19:06
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia AirAsia buka suara soal tudingan selebgram asal Medan Cut Melisa yang mengklaim dirinya dipersulit oleh petugas counter check-in Airasia di Bandara Internasional Kualanamu hingga gagal terbang ke Thailand. Hal itu dikarenakan paspor miliknya lecet tipis.

Atas insiden tersebut, Cut Melisa dan sang suami batal terbang ke Don Mueang, Thailand. Akhirnya, ia harus membeli tiket baru untuk melanjutkan penerbangan ke luar negeri.

Mengutip keterangan AirAsia di akun Instagram resmi perusahaan, manajemen 
menyebut bahwa halaman identitas atau paspor milik Cut Melisa sobek sehingga tidak diizinkan untuk check-in.

Manajemen menilai, sikap petugas counter check-in Airasia yang tidak mengizinkan calon penumpang melakukan check-in lantaran paspornya rusak sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 8 tahun 2014. 

“Indonesia AirAsia mengklarifikasi insiden di penerbangan QZ 156 dari Kualanamu ke Don Mueang, Thailand, pada 29 Juni 2024, yang disebabkan oleh sobeknya halaman identitas paspor seorang calon penumpang,” bunyi keterangan manajemen AirAsia, Minggu (30/6/2024). 

“Sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 8 tahun 2014, paspor yang rusak tidak dapat digunakan untuk perjalanan, sehingga penumpang tersebut tidak diizinkan untuk check-in,” lanjut keterangan tersebut. 

Sesuai prosedur, staf AirAsia Indonesia terlebih dahulu melakukan verifikasi paspor yang tidak sesuai dengan peraturan kepada otoritas terkait. 

“Namun, penumpang telah menerima dengan baik penjelasan lanjutan bahwa adanya potensi resiko ditolak oleh otoritas di negara tujuan akan menjadi tanggung jawab penumpang sepenuhnya,” tutur manajemen. 

AirAsia Indonesia pun telah menjadwalkan ulang penerbangan alternatif keesokan harinya. Komitmen perusahaan memberikan pelayanan terbaik dan memastikan kepatuhan terhadap aturan demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

Sebelumnya, terlihat Cut Melisa marah-marah di Bandara Kualanamu lantaran batal terbang ke luar negeri dan viral di sosial media.  Dalam sebuah video, Cut Melisa menyebut dirinya ketinggalan pesawat AirAsia karena petugas counter check in memperlambat tiket penerbangannya.

Dikutip dari insta story-nya, wanita berhijab ini mengaku jika petugas counter check in mempermasalahkan paspornya yang mengalami kelecetan tipis. Padahal, pihak imigrasi di bandara setempat justru sudah memberi izin keberangkatan ke luar negeri.

“Paspor ku aman gais, cuman lecet sikit, gak apa-apa, waktu di scan lewat (lolos), tapi dia mempersulit, aku gak bisa terbang, gak bisa check in, bolak-balik, sedangkan teman-teman di sebelah bilang gak apa-apa,” ucapnya.

Topik Menarik