Nvidia Bersiap Geser Apple Jadi Perusahaan Termahal Kedua di Dunia

Nvidia Bersiap Geser Apple Jadi Perusahaan Termahal Kedua di Dunia

Ekonomi | inews | Senin, 3 Juni 2024 - 07:21
share

CALIFORNIA, iNews.id - Nvidia akan segera melampaui Apple menjadi perusahaan termahal kedua di dunia. Perusahaan pembuat chip tersebut akan mengambil alih posisi produsen iPhone yang telah menjadi perusahaan Wall Street terbesar berdasarkan nilai pasar selama bertahun-tahun.

Mengutip Reuters , ketergantungan pada hampir semua aplikasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terhadap chip buatan Nvidia telah mengerek harga saham hampir tiga kali lipat selama setahun terakhir menjadi 2,68 triliun dolar AS.

Sebaliknya, Apple turun dari posisi perusahaan paling bernilai di dunia dan didahului Microsoft pada awal tahun ini ketika perusahaan bergulat di tengah melemahnya permintaan iPhone dan ketatnya persaingan di China. Nilai kapitalisasi perusahaan menyentuh 2,92 triliun dolar AS.

Apple telah begitu dominan dalam jangka waktu yang lama, terutama dalam hal pertumbuhan dan inovasi. Namun belakangan ini, kurva inovasi Apple tampaknya telah mendatar, sehingga menunjukkan pertumbuhan yang lebih lambat di masa depan, ucap Manajer Portofolio di Zacks Investment, Brian Mulberry

Mulberry menambahkan, Nvidia belakangan ini mampu menangkap peluang pertumbuhan, dimulai dengan permintaan game, kripto, dan saat ini AI.

"Mereka (Nvidia) telah mampu secara sempurna mencocokkan inovasi dengan permintaan dan itu sama dengan pertumbuhan yang eksplosif, katanya.

Nvidia juga menjadi perusahaan dengan pertumbuhan nilai tercepat dari 1 triliun dolar AS menjadi 2 triliun dolar AS pada tahun 2024 melampaui Amazon.com, induk Google Alphabet, dan Saudi Aramco.

Sejak perkiraan booming kecerdasan buatan sekitar setahun yang lalu, Nvidia secara konsisten telah melampaui ekspektasi tinggi Wall Street terkait pendapatan dan laba. Permintaan untuk prosesor grafisnya jauh melebihi pasokan karena Big Tech bergegas menanamkan aplikasi AI.

Topik Menarik