Kemendagri Minta Pemda yang Inflasinya di Atas Nasional untuk Evaluasi 

Kemendagri Minta Pemda yang Inflasinya di Atas Nasional untuk Evaluasi 

Ekonomi | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 17:56
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (Pemda) yang inflasinya masih di atas rata-rata nasional untuk mengevaluasi dan bekerja lebih keras dalam pengendalian. Adapun, inflasi nasional secara year on year pada Juni 2024 sebesar 2,51 persen dan masih ada sejumlah daerah yang berada di atas angka tersebut.

“Demikian bagi teman-teman yang di atas 2,51 persen kami minta untuk tetap berusaha sekeras-kerasnya untuk mengadakan rapat internal kembali, kemudian dicek lagi harga-harganya yang mana yang masih tinggi,” ujar Plt Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Tomsi menambahkan, daerah perlu mengevaluasi berbagai upaya pengendalian inflasi yang dinilai belum maksimal. Dia menyebut berbagai strategi pengendalian sudah sering disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang sudah berlangsung hampir dua tahun. 

“Tentunya Bapak/Ibu sekalian sudah hafal di luar kepala, tinggal dicek betul pelaksanaannya di lapangan,” tuturnya.

Menurutnya, upaya pengendalian inflasi di daerah penting karena bakal berdampak terhadap capaian inflasi nasional. Karena itu, daerah yang masih di atas rerata nasional diharapkan dapat berubah lebih baik. Dengan demikian, daerah dapat berkontribusi positif terhadap pengendalian inflasi secara nasional di bulan berikutnya. 

Terlebih, saat ini banyak daerah yang dipimpin oleh penjabat kepala daerah. Sehingga, lebih bisa konsentrasi dan bekerja lebih keras lantaran tak terpengaruh dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Di sisi lain, Tomsi bersyukur karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia pada bulan Juni mengalami deflasi sebesar 0,08 persen secara month to month (Juni 2024 terhadap Mei 2024). Sedangkan inflasi secara year on year pada Juni 2024 sebesar 2,51 persen. 

Angka ini lebih rendah dibanding inflasi secara year on year pada Mei 2024 sebesar 2,84 persen. Angka ini terbilang baik, meski inflasi Indonesia pernah sebesar 2,28 persen secara year on year pada September 2023.

“Namun demikian, patut kita syukuri bahwa atas kebersamaan kita semua atas kerja keras kita semua angka ini dapat kita capai,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Tomsi membeberkan 10 daerah dengan inflasi tertinggi. Di tingkat provinsi yakni Papua Pegunungan, Sulawesi Utara, Papua Tengah, Sumatera Barat, Gorontalo, Papua Barat, Bengkulu, Maluku, Riau, dan Kepulauan Riau. 

Kemudian, di tingkat kabupaten, yaitu Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Nabire, Pasaman Barat, Jayawijaya, Gorontalo, Kerinci, Dharmasraya, Mukomuko, dan Aceh Tengah. Sementara, di tingkat kota, yakni Kotamobagu, Ambon, Padangsidimpuan, Bukittinggi, Dumai, Sibolga, Batam, Ternate, Gunungsitoli, dan Padang.

Topik Menarik