Perindo Ungkap 3 Langkah untuk Dukung Pengembangan UMKM Hijau 2025

Perindo Ungkap 3 Langkah untuk Dukung Pengembangan UMKM Hijau 2025

Ekonomi | inews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 19:32
share

JAKARTA, iNews.id - Partai Perindo mendukung upaya pemerintah untuk menggalakkan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hijau. Konsep UMKM hijau yang diusung pemerintah ini disampaikan Kementerian PPN/Bappenas, yang tengah merumuskan berdasarkan ekonomi hijau, berorientasi lingkungan, guna dilaksanakan mulai tahun 2025.

Ketua DPP Partai Perindo Bidang Pendidikan dan Pembangunan Manusia, Agus Taufiq menuturkan, wacana pengembangan UMKM hijau di tahun 2025 tersebut, sejalan dengan semangat partainya. Perindo, kata dia, selain fokus pada pengembangan UMKM, juga berpihak pada sistem ekonomi berkelanjutan.

"Ini sejalan dengan semangat Perindo sebagai partai yang berpihak pada sistem perekonomian berkelanjutan yang rendah karbon, efisien dalam penggunaan sumber daya, dan inklusif secara sosial," ucap Agus saat dihubungi, Sabtu (29/6/2024).

Agus menambahkan, UMKM hijau tersebut juga harus diterjemahkan dalam langkah-langkah teknis yang konkrit. Dia melanjutkan, program UMKM hijau yang menjanjikan tersebut, jangan sampai selesai di tahapan wacana semata.

"Tentu agar tidak hanya wacana, maka rencana ini perlu diterjemahkan dalam langkah-langkah yang lebih teknis," tuturnya.

Dia pun menyarankan tiga langkah teknis yang setidaknya menjadi saran bagi pemerintah guna mengembangkan UMKM hijau secara lebih konkret dan optimal.

"Pertama, pemerintah perlu menetapkan dulu indeks ekonomi hijau sebagai indikator yang jelas, didefinisikan UMKM hijau itu yang seperti apa, saat ini kan belum ada kebijakannya," ucap Agus.

Kemudian langkah kedua, lanjut Agus, perlunya pembuatan regulasi yang jelas dan memberikan edukasi mendalam bagi para pelaku UMKM atau masyarakat yang hendak membuka UMKM hijau tersebut.

"Membuat regulasi yang memberi kemudahan berusaha bagi pelaku UMKM hijau," katanya.

Terakhir, Agus menyarankan agar pemerintah dapat memberikan bantuan pembiayaan bagi para pelaku UMKM, khususnya mereka yang tertarik mengembangkan bisnisnya yang berbasis ekonomi hijau.

"Ketiga dan yang paling penting, memberikan insentif pembiayaan bagi UMKM hijau," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi Kementerian PPN/Bappenas, Mahatmi Parwitasari Saronto membeberkan rencana pemerintah terkait pengembangan UMKM hijau mulai tahun 2025. 

Pemerintah menyadari bahwa UMKM hijau ini masih jauh dari harapan. Selain belum adanya kebijakan yang jelas, menurutnya rencana tersebut tengah digodok untuk penerapan di tahun 2025.

“Sejauh ini, secara kebijakan belum ditetapkan dengan gamblang disebut bahwa UMKM yang hijau itu seperti apa. Jadi memang untuk yang tahun 2025 ke depan, kita mulai mau merambah ke UMKM hijau” ucapnya dalam kegiatan peluncuran Small Business Barometer Study Report belum lama ini.

Topik Menarik