BPTJ Uji Coba Layanan Biskita Trans Depok, Ini Rutenya

BPTJ Uji Coba Layanan Biskita Trans Depok, Ini Rutenya

Ekonomi | inews | Senin, 1 Juli 2024 - 20:58
share

DEPOK, iNews.id - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memulai uji coba layanan buy the service (BTS) di Kota Depok hari ini, Senin (1/7/2024). Nantinya, layanan Biskita tersebut akan diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam waktu dekat. 

Uji coba diawali dengan sosialisasi di Kantor Wali Kota Depok yang bertujuan untuk memperkenalkan armada Biskita kepada perangkat daerah di Kota Depok dalam apel pagi rutin. 

Wali Kota Depok, Muhammad Idris, menyampaikan terima kasih kepada BPTJ Kemenhub yang telah memberikan subsidi peningkatan layanan angkutan massal dengan skema BTS di Kota Depok. 

"Layanan ini nantinya akan merubah paradigma masyarakat Kota Depok menjadi lebih tertib karena harus naik dan turun pada tempat yang telah ditentukan. Kami berharap nantinya masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaga apa yang sudah diberikan pemerintah pusat," ucap Idris dalam keterangannya, Senin (1/7/2024). 

Uji coba akan mengoperasikan Biskita Trans Depok pada 1 koridor yang telah ditetapkan yaitu Terminal Margonda-Stasiun LRT Harjamukti. Sekretaris BPTJ, Dedy Cahyadi menuturkan, uji coba ini untuk memastikan armada yang akan beroperasi, perangkat IT, bus stop/halte, rute, pramudi dan dampak sosial yang kemungkinan timbul. 

"Kami akan melaksanakan test rute untuk armada yang telah siap sebagai langkah awal untuk memberitahukan kepada publik," kata Dedy.

Dedy menambahkan, hasil uji coba ini akan dijadikan bahan evaluasi bagi BPTJ untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebelum secara khusus akan diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan. 

"Kami berharap uji coba ini juga dapat dijadikan media untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Depok. Dengan mengaspalnya Biskita diharapkan masyarakat dapat melihat secara langsung dan mengenal lebih dekat," tuturnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Zamrowi menyampaikan bahwa dalam jangka waktu 2 minggu ke depan akan segera menyosialisasikan Biskita bersama BPTJ. 

"Kami telah melakukan penjajakan dengan para penggiat dan influencer serta komunitas yang ada di Kota Depok untuk nantinya dapat menggaungkan kehadiran Biskita Trans Depok. kata Zamrowi. 

Biskita merupakan akronim dari Bus Inovatif, Solusi Transportasi Perkotaan Terintgrasi dan Andal. Kota Depok merupakan kota ketiga setelah Kota Bogor yang telah menerima BTS pada tahun 2021 dan Kota Bekasi pada 2023. Kehadiran layanan tersebut diharapkan dapat memodernisasi angkutan umum, mengurangi kendaraan pribadi dan mengurangi polusi di Jabodetabek.

Topik Menarik