Deretan Pemimpin Hizbullah yang Dibunuh Israel sejak Serangan 7 Oktober

Deretan Pemimpin Hizbullah yang Dibunuh Israel sejak Serangan 7 Oktober

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 13:55
share

Israel menewaskan seorang komandan tinggi Hizbullah dalam serangan udara di pinggiran selatan Beirut. Hizbullah kemudian membenarkannya. Itu meningkatkan konflik selama setahun antara Israel dan kelompok pejuang yang didukung Iran tersebut.

Deretan Pemimpin Hizbullah dan Hamas yang Dibunuh Israel sejak Serangan 7 Oktober

1. Ibrahim Aqil

 

Foto/AP

Serangan Israel di pinggiran selatan Beirut menewaskan komandan operasi Hizbullah Ibrahim Aqil pada tanggal 20 September.

Aqil, yang juga menggunakan alias Tahsin dan Abdelqader, adalah anggota badan militer tertinggi Hizbullah, Dewan Jihad.

IDF mengatakan Aqil juga bertindak sebagai komandan sementara Pasukan Radwan milik kelompok teror tersebut, dan memimpin operasi yang direncanakan untuk menyerang Galilea.

AS menuduhnya berperan dalam pengeboman truk di Beirut yang menghantam kedutaan besar Amerika pada bulan April 1983, yang menewaskan 63 orang, dan sebuah barak Marinir AS enam bulan kemudian yang menewaskan 241 orang. AS telah menawarkan $7 juta untuk informasi tentang keberadaannya.

2. Fuad Shukr

 

Foto/AP

Serangan Israel di pinggiran selatan ibu kota Lebanon pada 30 Juli menewaskan komandan utama Hizbullah Fuad Shukr, yang diidentifikasi oleh IDF sebagai tangan kanan kepala Hizbullah Hassan Nasrallah.

Shukr adalah salah satu tokoh militer terkemuka Hizbullah sejak didirikan oleh Garda Revolusi Iran lebih dari empat dekade lalu.

Amerika Serikat menjatuhkan sanksi kepada Shukr pada 2015 dan menuduhnya memainkan peran utama dalam pengeboman barak Marinir AS di Beirut pada 1983.

Baca Juga: Cegah Ledakan Pager Kembali Terulang, Rusia Minta Pembatasan Akses Perusahaan Teknologi

3. Muhammad Nasser

 

Foto/AP

Muhammad Nasser tewas dalam serangan udara Israel pada 3 Juli. Israel mengaku bertanggung jawab, dengan mengatakan bahwa ia memimpin unit yang bertanggung jawab atas penembakan dari Lebanon barat daya ke Israel.

Nasser, seorang komandan senior di Hizbullah, bertanggung jawab atas sebagian operasi Hizbullah di perbatasan, menurut sumber keamanan senior di Lebanon.

4. Taleb Abdullah

 

Foto/AP

Komandan lapangan senior Hizbullah Abdullah tewas pada 12 Juni dalam serangan yang diklaim oleh Israel, yang mengatakan telah mengenai pusat komando dan kendali di Lebanon selatan.

Sumber keamanan di Lebanon mengatakan bahwa ia adalah komandan Hizbullah untuk wilayah tengah jalur perbatasan selatan dan berpangkat sama dengan Nasser.

Sejak 8 Oktober, pasukan pimpinan Hizbullah telah menyerang komunitas Israel dan pos militer di sepanjang perbatasan hampir setiap hari, dengan kelompok tersebut mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mendukung Hamas di tengah perang di Gaza, yang dimulai ketika teroris pimpinan Hamas menyerbu Israel pada 7 Oktober, membantai 1.200 orang, dan menculik 251 sandera.

Sejauh ini, pertikaian di perbatasan utara telah mengakibatkan 26 kematian warga sipil di pihak Israel, serta kematian 22 tentara dan cadangan IDF. Ada juga beberapa serangan dari Suriah, tanpa ada yang terluka.

Hizbullah telah menyebutkan 483 anggota yang telah dibunuh oleh Israel selama pertempuran yang sedang berlangsung, sebagian besar di Lebanon tetapi beberapa juga di Suriah. Sebanyak 79 anggota dari kelompok teror lainnya, seorang tentara Lebanon, dan puluhan warga sipil juga telah terbunuh.

Topik Menarik