Warga Sri Lanka Pilih Pemimpin Baru untuk Atasi Krisis Ekonomi dan Politik

Warga Sri Lanka Pilih Pemimpin Baru untuk Atasi Krisis Ekonomi dan Politik

Global | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 11:37
share

Warga Sri Lanka mulai memberikan suara pada Sabtu dalam pemilihan presiden yang akan menentukan arah pemulihan negara itu dari krisis ekonomi terburuk dan pergolakan politik yang diakibatkannya.

Pemilihan tersebut, yang diikuti oleh 38 kandidat, sebagian besar merupakan persaingan tiga arah antara Presiden liberal petahana Ranil Wickremesinghe, anggota parlemen yang condong ke Marxis Anura Kumara Dissanayake, dan pemimpin oposisi Sajith Premadasa.

Ada 17 juta pemilih yang memenuhi syarat, dan hasil akhir diharapkan akan diumumkan pada hari Minggu.

Hasilnya akan menunjukkan apakah warga Sri Lanka menyetujui kepemimpinan Wickremesinghe atas pemulihan negara yang rapuh, termasuk merestrukturisasi utangnya di bawah program Dana Moneter Internasional setelah gagal bayar pada tahun 2022.

Pemerintah mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah melewati rintangan terakhir dalam restrukturisasi utang dengan mencapai kesepakatan pada prinsipnya dengan pemegang obligasi swasta.

Utang lokal dan luar negeri Sri Lanka berjumlah USD83 miliar pada saat gagal bayar, dan pemerintah mengatakan sekarang telah merestrukturisasi lebih dari USD17 miliar.

Baca Juga: Rusia Rilis Daftar 47 Negara yang Berstatus Musuh, Siapa Saja?

Meskipun ada peningkatan signifikan dalam angka-angka ekonomi utama, warga Sri Lanka berjuang di bawah pajak dan biaya hidup yang tinggi.

Baik Premadasa maupun Dissanayake mengatakan mereka akan merundingkan kembali kesepakatan IMF untuk membuat langkah-langkah penghematan lebih dapat ditanggung. Wickremesinghe telah memperingatkan bahwa setiap langkah untuk mengubah dasar-dasar perjanjian dapat menunda pencairan tahap keempat dari hampir USD3 miliar bantuan yang dijanjikan oleh IMF yang penting untuk menjaga stabilitas.

Krisis ekonomi Sri Lanka sebagian besar disebabkan oleh pinjaman yang berlebihan pada proyek-proyek yang tidak menghasilkan pendapatan. Dampak pandemi COVID-19 dan desakan pemerintah untuk menggunakan cadangan devisa yang langka guna menopang mata uang rupee, turut menyebabkan jatuhnya perekonomian.

Keruntuhan ekonomi menyebabkan kekurangan parah berbagai kebutuhan pokok seperti obat-obatan, makanan, gas untuk memasak, dan bahan bakar, sehingga masyarakat harus mengantre selama berhari-hari untuk mendapatkannya. Hal ini menyebabkan kerusuhan di mana para pengunjuk rasa mengambil alih gedung-gedung penting, termasuk rumah presiden, kantornya, dan kantor perdana menteri, yang memaksa Presiden Gotabaya Rajapaksa saat itu untuk meninggalkan negara itu dan mengundurkan diri.

Wickremesinghe terpilih melalui pemungutan suara parlemen pada bulan Juli 2022 untuk mengisi sisa masa jabatan Rajapaksa selama lima tahun. Kini, Wickremesinghe tengah mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya guna memperkuat perolehan suaranya.

Namun, banyak orang menuduhnya melindungi anggota keluarga Rajapaksa, yang mereka salahkan atas krisis ekonomi.

Wickremesinghe, yang merupakan satu-satunya anggota partainya di Parlemen, terpilih terutama melalui suara para loyalis Rajapaksa. Mereka juga mendukungnya sebagai anggota Kabinet dan dalam memberikan suara untuk reformasi yang diusulkannya.

Topik Menarik