Putin Kunjungi Kota Beslan Ditemani Ibu-Ibu dari 136 Anak yang Tewas dalam Serangan Pengepungan

Putin Kunjungi Kota Beslan Ditemani Ibu-Ibu dari 136 Anak yang Tewas dalam Serangan Pengepungan

Global | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 12:45
share

BESLAN - Sebelum menuju Chechnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi kota Beslan di Ossetia Utara untuk pertama kalinya dalam setidaknya 16 tahun. Pengepungan sekolah tahun 2004 oleh militan Islam di sana menewaskan lebih dari 330 orang dalam insiden paling berdarah dalam sejarah Rusia modern.

Dalam kunjungan itu, Putin menemui para ibu dari 136 anak-anak yang tewas dalam serangan itu. Tragedi ini akan tetap menjadi luka yang belum sembuh dalam ingatan sejarah seluruh Rusia, kata Putin, menurut transkrip yang dipublikasikan di situs web Kremlin.

Namun, ia juga menambahkan bahwa Rusia terus menghadapi musuh yang mencoba mengganggu stabilitas negara.

Dan sama seperti kita memerangi teroris, hari ini kita harus memerangi mereka yang melakukan kejahatan di wilayah Kursk, di Donbas, lanjutnya, merujuk pada serangan mendadak Ukraina ke wilayah Rusia dan wilayah Donbas yang lebih luas di tenggara Ukraina, yang sebagian dikuasai pasukan Rusia.

Kami akan menghukum para penjahat. Tidak ada keraguan tentang ini, ujarnya.

Seperti diketahui, Putin melakukan lawatan ke Chechnyadan Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov pada Selasa (20/8/2024) memeriksa pasukan dan relawan Chechnya yang bersiap untuk melawan Ukraina. Ini menjadi perjalanan pertama Putin dalam 13 tahun ke republik Kaukasus Utara tersebut.

Perjalanan yang sebelumnya tidak diumumkan ke republik yang sebagian besar Muslim yang merupakan bagian dari Rusia tersebut dilakukan saat Moskow berjuang untuk mengusir pasukan Ukraina keluar dari wilayah Kursk. Perlawanan ini dilakukan dua minggu setelah mereka menerobos perbatasan dalam invasi terbesar Rusia sejak Perang Dunia Kedua.

Topik Menarik