Trump: Pemilih Yahudi Ikut Disalahkan Jika Kalah dalam Pemilu

Trump: Pemilih Yahudi Ikut Disalahkan Jika Kalah dalam Pemilu

Global | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 07:19
share

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan pemilih Yahudi-Amerika akan ikut disalahkan jika ia kalah dalam pemilihan pada bulan November.

Mantan presiden tersebut menyesalkan bahwa ia tertinggal dari pesaingnya dari Partai Demokrat, Wakil Presiden Kamala Harris, di antara orang Yahudi Amerika, saat ia berpidato di KTT Nasional Dewan Israel-Amerika di Washington, DC.

“Jika saya tidak memenangkan pemilihan ini – dan orang-orang Yahudi akan sangat berperan jika itu terjadi karena jika 40 persen, maksud saya, 60 persen orang memilih musuh – menurut pendapat saya, Israel akan lenyap dalam waktu dua tahun,” kata Trump, dilansir Al Jazeera.

Orang Yahudi sebagian akan disalahkan atas hasil tersebut dalam pemilihan presiden 5 November, klaim Trump, dengan mengatakan mereka cenderung memilih Demokrat.

Ia mengutip jajak pendapat tanpa nama yang menurutnya menunjukkan Harris memperoleh suara 60 persen di antara orang Yahudi Amerika.

Mantan presiden tersebut bangga dengan hubungan dekatnya dengan Israel dan komunitas Yahudi, dan karena berperan penting dalam pemindahan Kedutaan Besar AS di Israel ke Yerusalem.

Pada acara kedua di ibu kota Amerika Serikat yang berpusat pada kecaman terhadap anti-Semitisme di negara itu, Trump mengatakan Partai Demokrat telah "menahan, atau mengutuk" orang-orang Yahudi Amerika dan bahwa ia seharusnya mendapatkan "100 persen" suara Yahudi karena kebijakannya terhadap Israel.

Baca Juga: Komandan Senior Pasukan Elite Hizbullah Jadi Target Serangan Udara Israel di Beirut

"Janji saya kepada orang-orang Yahudi Amerika adalah ini: Dengan suara Anda, saya akan menjadi pembela Anda, pelindung Anda, dan saya akan menjadi sahabat terbaik yang pernah dimiliki orang-orang Yahudi Amerika di Gedung Putih," kata Trump selama acara donor. "Tetapi sejujurnya, saya sudah menjadi sahabat terbaik."

Pemilih Yahudi di AS telah condong ke Demokrat dalam pemilihan federal selama beberapa dekade dan terus melakukannya. Tetapi hanya sedikit perubahan dalam suara itu dapat menentukan pemenang pada bulan November.

Kampanye Trump telah memprioritaskan upaya memenangkan suara pemilih Yahudi di negara-negara medan pertempuran utama.

Di Pennsylvania, misalnya, terdapat lebih dari 400.000 orang Yahudi, di negara bagian yang dimenangkan Joe Biden dengan 81.000 suara pada tahun 2020.

Dalam sebuah pernyataan sebelum pidato, Morgan Finkelstein, juru bicara kampanye Harris, mengkritik Trump karena terkadang bergaul dengan kaum anti-Semit.

Trump telah menolak tuduhan anti-Semitisme, dengan mengatakan bahwa ia memiliki menantu laki-laki Yahudi.

Selama komentarnya, Trump juga gagal menanggapi laporan CNN yang diterbitkan sebelumnya pada hari itu mengenai kandidat gubernur dari Partai Republik di North Carolina, Mark Robinson, yang pernah menyebut dirinya sebagai "NAZI kulit hitam" dalam sebuah posting di forum pornografi.

Robinson telah berjanji untuk tetap ikut dalam persaingan meskipun ada laporan tersebut dan kampanye Trump tampaknya menjauhkan diri dari kandidat tersebut sambil tetap menyebut negara medan pertempuran itu sebagai bagian penting untuk memenangkan kembali Gedung Putih.

Topik Menarik