Mengapa Ukraina Ingin Mempermalukan Putin dengan Serangan Lintas Perbatasan yang Mendadak?

Mengapa Ukraina Ingin Mempermalukan Putin dengan Serangan Lintas Perbatasan yang Mendadak?

Global | sindonews | Senin, 12 Agustus 2024 - 19:55
share

Vladimir Putin menatap panglima tertinggi militer Rusia , Jenderal Valery Gerasimov, dengan tatapan dingin dan ekspresi jengkel. Video yang dirilis pada Rabu lalu oleh Kremlin itu menunjukkan presiden Rusia tidak senang dengan berita dari wilayah selatan Kursk.

Pada saat itu, ratusan tentara Ukraina, yang didukung oleh tank dan dilindungi oleh pertahanan udara, sedang maju ke wilayah tersebut. Tentara Rusia menyerah; ratusan warga sipil Rusia di dalam dan sekitar kota Sudzha melarikan diri dengan apa pun yang bisa mereka raih.

Dalam dua setengah tahun peperangan, ini adalah serangan Ukraina yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Rusia. Putin mengatakan dalam pertemuan Kremlin bahwa itu adalah "provokasi besar lainnya" oleh Kyiv. Penjabat gubernur wilayah itu mengumumkan keadaan darurat, menggambarkan situasinya sebagai "sangat sulit."

Mengapa Ukraina Ingin Mempermalukan Putin dengan Serangan Lintas Perbatasan yang Mendadak?

1. Mempermalukan Putin dan Meningkatkan Moral Pasukan Ukraina

Serangan Kursk adalah tindakan yang berani dan berlawanan dengan intuisi dari militer Ukraina, yang oleh seorang analis digambarkan sebagai "melakukan hal yang paling tidak kentara."

Meskipun terus kehilangan wilayah di Donetsk timur, Ukraina memilih untuk mengirim beberapa brigade berpengalaman ke wilayah Rusia, dengan tujuan yang jelas untuk mempermalukan Kremlin dan memaksa Kementerian Pertahanan Rusia untuk mengerahkan kembali sumber daya dan memberikan dorongan moral yang sangat dibutuhkan oleh garis depan.

George Barros dari Institut Studi Perang yang berpusat di Washington mengatakan bahwa Ukraina "mencapai kejutan operasional melawan segala rintangan dan saat ini mengeksploitasi kurangnya kesiapan Rusia di wilayah perbatasannya."

2. Pasukan Penjaga Perbatasan Rusia Lari Tunggang Langgang

Resimen Rusia yang bertugas mempertahankan bagian perbatasan ini meninggalkan posisinya. Beberapa lusin tentara ditawan, yang menyebabkan Presiden Volodymyr Zelensky pada hari Jumat menyampaikan "rasa terima kasih khusus kepada para prajurit dan unit kami yang mengisi kembali 'dana pertukaran' - dengan menangkap para penjajah sebagai tawanan dan dengan demikian membantu membebaskan rakyat kami dari penawanan Rusia."

Sekelompok bala bantuan Rusia berhasil dilumpuhkan oleh serangan rudal di dekat kota Rylsk pada Kamis malam, mungkin karena Ukraina berhasil meretas beberapa kamera lalu lintas yang menjadi ciri khas jalan raya Rusia. Seorang blogger Rusia, Aleksander Kots, mengatakan bahwa ia telah melewati rute tersebut. "Saya melihat ada kamera yang bekerja di sepanjang jalan raya. Kamera-kamera itu benar-benar berkedip-kedip."

Menemui sedikit perlawanan, dan dengan komunikasi Rusia di wilayah tersebut dilaporkan dihambat oleh peperangan elektronik yang efektif, brigade Ukraina maju lebih dari 20 kilometer (12 mil) ke dalam Kursk dalam dua hari pertama operasi.

Ini bukan hanya sepetak pedesaan Rusia yang kosong. Di antara tempat-tempat yang berada di bawah kendali Ukraina adalah pusat transit gas alam di dekat perbatasan tempat Rusia memasok Eropa dengan sejumlah besar gas alam.

Pada hari Jumat, saluran Telegram militer Ukraina menyatakan fasilitas itu "di bawah kendali batalion mekanis ke-99 dari Brigade Mekanis ke-61," salah satu unit berpengalaman yang terlibat dalam serangan itu. Sebuah video memperlihatkan tentara di depan gedung, tetapi Gazprom mengatakan pada hari Sabtu bahwa jaringan pipa itu masih beroperasi.

Di dalam Rusia, kemarahan yang menyambut kemunduran di awal perang kembali berkobar. Andrey Gurulyov, mantan komandan di wilayah tersebut, memposting ulang komentar di Telegram yang menuntut jaksa militer menyelidiki keputusan komandan untuk memindahkan unit dari wilayah Kursk sebelum serangan.

Dan ada kebencian di antara warga sipil Rusia di wilayah itu, ribuan di antaranya meninggalkan rumah mereka. Kepala kota Rylsk yang agak jauh dari unit Ukraina yang paling maju mengatakan pada hari Jumat bahwa lebih dari separuh populasi yang berjumlah 15.000 orang telah pergi. Video media sosial menggambarkan rasa frustrasi di antara warga sipil atas tanggapan militer yang lamban;

4. Rusia Hanya Mengandalkan Pasukan Ekspedisi

Pasukan Ukraina, meskipun diperkuat, tidak dapat berharap untuk menduduki beberapa ratus kilometer persegi wilayah Rusia. Ini adalah pasukan ekspedisi, meskipun yang sudah terlatih dalam pertempuran, yang telah memanfaatkan tidak adanya perlawanan terorganisasi untuk menguasai wilayah dengan cepat.

Namun, menguasai sebagian besar wilayah Rusia berada di luar kapasitas mereka dan mungkin di luar tujuan mereka. Bala bantuan Rusia pada akhirnya akan meninggalkan jejak, bahkan jika mereka membutuhkan waktu lebih dari tiga hari untuk memulai pertahanan yang efektif.

Pada hari Sabtu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa unit-unit telah "menggagalkan upaya kelompok bergerak musuh untuk mencapai kedalaman" wilayah Rusia di dekat Ivashkovsky, Malaya Loknya, dan Olgovka di wilayah Kursk. Olgovka berjarak 20 kilometer (12,4 mil) dari perbatasan.

5. Ukraina Mengambil Kelemahan Rusia

Blogger militer Rusia Vladislav Shurygin menjelaskan semua ini dalam sebuah posting Telegram pada hari Jumat, dengan mengatakan bahwa musuh telah "dengan sangat terampil dan akurat memilih strategi yang berbeda - memanfaatkan kekakuan birokrasi dan kelambanan sistem manajemen Rusia, untuk menguras tenaga Rusia dengan serangan tak terduga yang terus-menerus terhadap infrastruktur sensitif dan penduduk sipil, yang memicu ketidakpuasan, kekecewaan, dan sikap apatis."

6. Mencari Dukungan dari AS dan Eropa

Operasi Kursk juga menunjukkan kepada sekutu Ukraina bahwa mereka masih memiliki energi dan imajinasi untuk mengejutkan musuhnya dan mempermalukan Kremlin pada saat sebagian besar berita dari garis depan suram bagi Kyiv.

Itu tidak luput dari perhatian Shurygin. "Tujuan dari strategi baru ini adalah untuk menempatkan Rusia di depan prospek perang yang semakin mahal (secara finansial, reputasi, dan organisasi) dan memaksanya untuk menegosiasikan perdamaian pada bulan November-Desember."

Daniel Fried di Atlantic Council mengatakan ada sejarah panjang serangan militer mendadak seperti itu beberapa tidak penting dan yang lainnya berdampak. Ia mengenang manuver berani George Washington untuk menyeberangi Sungai Delaware pada tahun 1776, saat ia kembali dengan tawanan dan perbekalan yang ditawan dan meningkatkan moral untuk melawan Inggris.

Fried, mantan asisten menteri luar negeri AS untuk Eropa, mengatakan bahwa dengan menunjukkan kegagalan intelijen dan kelemahan Rusia di sepanjang perbatasannya, serangan itu telah menghancurkan narasi Kremlin "bahwa perlawanan Ukraina tidak ada gunanya dan dukungan untuk Ukraina tidak ada gunanya."

7. Rusia Berpikir Ulang tentang Strategi Militernya

Langkah Ukraina di Kursk memaksa Kementerian Pertahanan Rusia untuk membuat beberapa pilihan sulit. Tampaknya kelompok-kelompok yang ada di Kursk seperti Garda Nasional, FSB, dan elemen-elemen tidak teratur tidak mampu memerangi Ukraina.

Barros mengatakan kepada CNN bahwa komando militer dapat mengerahkan kembali elemen-elemen dari Kelompok Utara yang baru saja dibentuk, tetapi penempatan kembali elemen-elemen penting "kemungkinan akan semakin membebani elemen-elemen ini dan menciptakan kerentanan dalam pertahanan Rusia di tempat lain di sepanjang perbatasan."

Alternatifnya, Rusia dapat menggunakan cadangan besar dalam operasi berskala lebih besar tetapi ini penting untuk operasi ofensif Rusia saat ini di Ukraina, di mana komitmen terus-menerus sejumlah besar pasukan telah mengikis pertahanan Ukraina.

Atau, kata Barros, Rusia dapat beralih ke penerbangan untuk menyerang kendaraan lapis baja Ukraina di dalam Kursk, sehingga mencegah pasukan Ukraina mengonsolidasikan posisi dan membantu pasukan Rusia saat ini yang ditempatkan di daerah tersebut.

Topik Menarik