Pesawat Patroli P-8A Poseidon Angkatan Laut AS Melintasi Selat Taiwan

Pesawat Patroli P-8A Poseidon Angkatan Laut AS Melintasi Selat Taiwan

Global | sindonews | Selasa, 17 September 2024 - 19:01
share

Satu pesawat patroli Boeing P-8A Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) terbang melalui "wilayah udara internasional" melintasi Selat Taiwan pada Selasa (17/9/2024).

Kabar itu diungkap Armada ke-7 Angkatan Laut AS. "Satu pesawat P-8A Poseidon Angkatan Laut AS melintasi Selat Taiwan di wilayah udara internasional pada tanggal 17 April (waktu setempat). Dengan beroperasi di Selat Taiwan sesuai dengan hukum internasional, Amerika Serikat menjunjung tinggi hak dan kebebasan navigasi semua negara," ungkap pernyataan armada tersebut.

“Perlintasan pesawat tersebut melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” papar pernyataan tersebut.

Pada pertengahan April, Armada ke-7 AS mengeluarkan pernyataan serupa bahwa satu pesawat P-8A Poseidon telah terbang melalui Selat Taiwan.

Pada saat yang sama, militer China mengatakan telah mengawal pesawat AS tersebut selama perjalanannya, dengan mengatakan pasukan China mempertahankan tingkat kesiapan yang tinggi untuk dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional, keamanan, dan perdamaian serta stabilitas regional.

Taiwan telah diperintah secara independen dari daratan China sejak tahun 1949.

Beijing memandang pulau itu sebagai provinsinya, sementara Taiwan, wilayah dengan pemerintahan terpilihnya sendiri, menyatakan Taiwan adalah negara otonom.

China menentang segala kontak resmi negara asing dengan Taipei dan menganggap kedaulatan Beijing atas pulau itu tidak dapat dibantah.

Baca juga: Hamas Kutuk Kebejatan Moral Israel karena Rekrut Pencari Suaka Afrika untuk Genosida di Gaza

Topik Menarik