Houthi Rilis Video Durasi 2 Menit Ungkap Rudal Hipersonik Palestine 2 Hantam Israel, Melaju 16 Kali Kecepatan Suara

Houthi Rilis Video Durasi 2 Menit Ungkap Rudal Hipersonik Palestine 2 Hantam Israel, Melaju 16 Kali Kecepatan Suara

Global | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 15:32
share

YAMAN – Kelompok Houthi merilis video berdurasi hampir dua menit tentang rudal ‘hipersonik’ Palestine 2 yang diluncurkan dalam serangan terhadap Israel pada Minggu (15/9/2024). Kata "hipersonik" ditulis di sisi rudal dengan huruf merah.

Video yang dirilis pada Senin (16/9/2024) itu mengungkap jangkauan rudal mencapai 2.150 km (1.342 mil), dengan kecepatan hingga Mach 16, yang berarti 16 kali kecepatan suara.

Meskipun rudal balistik dapat melaju lebih cepat daripada kecepatan suara, namun senjata hipersonik melaju lebih dari lima kali kecepatan suara dan sangat mudah bermanuver, sehingga membantunya menghindari intersepsi.

"Ia memiliki kemampuan manuver yang tinggi melampaui sistem pertahanan udara terbaru dan terkuat di dunia, termasuk Iron Dome," kata kelompok tersebut.

Namun, Pentagon mengatakan telah menyimpulkan bahwa Houthi menembakkan rudal balistik ke Israel.

Jika Houthi memang memiliki rudal hipersonik, itu akan menjadi yang pertama bagi para pejuang gunung yang lebih dikenal karena serangannya yang berani daripada kecakapan teknologinya.

 

Fabian Hinz, pakar program rudal Iran di Institut Internasional untuk Studi Strategis, membantah klaim Houthi dan mengatakan video dan foto Houthi menunjukkan senjata itu adalah Kheibar Shekan buatan Iran.

Hinz mengatakan rudal Iran adalah rudal balistik jarak menengah berbahan bakar padat yang dipamerkan Houthi pada tahun 2022 dan disebut Hatem. Seorang pejabat militer Israel mengatakan rudal itu terkena pencegat dan pecah di udara.

Potongan rudal mendarat di ladang dan dekat stasiun kereta api. Tidak ada korban langsung tetapi sembilan orang terluka ringan saat mencari perlindungan.

Topik Menarik