Siapa Haredim? Kelompok Yahudi Ultra-ortodoks yang Menolak Menjadi Tentara Israel

Siapa Haredim? Kelompok Yahudi Ultra-ortodoks yang Menolak Menjadi Tentara Israel

Global | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 11:35
share

Haredim atau kelompok orangYahudi ultra-Ortodoks telah melakukan protes di Israel, tidak senang dengan gagasan untuk direkrut menjadi tentara.

Dalam beberapa hari terakhir, kelompok pria Haredi bentrok dengan polisi selama protes terhadap pencabutan pengecualian wajib militer bagi mereka, dan kemarahan bahkan tertuju pada perwakilan mereka sendiri di parlemen Israel. Pada hari Minggu, sekelompok orang menyerang mobil kepala partai Persatuan Torah Yudaisme.

Di negara yang memberlakukan wajib militer, mengapa kelompok ultra-Ortodoks dikecualikan, dan mengapa mereka begitu marah terhadap upaya untuk mengubah hal tersebut?

Siapa Haredim? Kelompok Yahudi Ultra-ortodoks yang Menolak Menjadi Tentara Israel

1. Sekte Yahudi Paling Taat karena Mengabdikan Diri untuk Beribadah

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, Haredim (Haredi dalam bentuk tunggal) adalah istilah Ibrani untuk orang Yahudi ultra-Ortodoks. Mereka adalah sekte Yudaisme yang paling taat, memisahkan diri dari masyarakat untuk mengabdikan diri pada doa dan ibadah.

Mereka memiliki pakaian yang khas, wanita mengenakan pakaian panjang dan sederhana serta penutup kepala, sedangkan pria mengenakan jas atau mantel hitam dan topi bulu besar.

Mereka juga mempunyai cara hidup yang berbeda, menjaga diri dan komunitas mereka sebisa mungkin terisolasi dari dunia luar, menghalangi interaksi ekonomi yang diperlukan agar tetap “murni” dan tidak ternoda oleh kepentingan duniawi.

Gerakan ini telah ada sejak abad ke-19 di Eropa sebagai reaksi terhadap modernisasi dunia, yang dikhawatirkan oleh kaum Haredim akan mengalihkan perhatian orang-orang Yahudi dari pembelajaran agama mereka.

2. Bertugas Mempelajari Taurat

Foto/AP

Pengaturan pengecualian khusus, torato umanuto (yang berarti “mempelajari Taurat adalah tugasnya”), disepakati sebelum negara Israel dibentuk.

Pengecualiannya adalah sejumlah kecil siswa senior dibebaskan dari wajib militer selama yang mereka lakukan hanyalah mempelajari kitab suci Yahudi di sekolah agama yang dikenal sebagai yeshivas – yang bergantung pada pendanaan pemerintah.

Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa mempelajari Taurat, atau membacanya, melindungi bangsa Israel dari ancaman. Dan karena kelompok ultra-Ortodoks merupakan kelompok yang relatif kecil di Israel, maka masalahnya tidak dipandang sebagai masalah besar.

Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah Haredim di Israel meningkat pesat. Saat ini, sekitar 13.000 pemuda ultra-Ortodoks mencapai usia wajib militer pada usia 18 tahun, namun sekitar 90 persen dari mereka tidak mendaftar wajib militer. Tahun lalu, 66.000 Haredim tidak mendaftar wajib militer.

Baca Juga: Pejuang Palestina Makin Intensif Tembakkan Roket ke Israel

3. Adanya Dorongan dari Kelompok Lain Agar Haredim Ikut Berperang

Foto/AP

Ketika semakin banyak tentara Israel yang terbunuh dan terluka saat berperang di Gaza, keluarga mereka menjadi marah karena ada begitu banyak pemuda berbadan sehat yang tidak ikut serta dalam perang.

Tapi itu bukan satu-satunya pemicunya. Selama bertahun-tahun, pemerintah Israel – terutama yang dipimpin oleh partai sekuler – telah mendiskusikan untuk mengakhiri pengecualian menyeluruh seiring dengan bertambahnya jumlah komunitas ultra-Ortodoks. Kemudian Mahkamah Agung memutuskan pada tanggal 25 Juni bahwa militer mulai merekrut siswa yeshiva.

Sebelumnya telah diputuskan bahwa yeshivas yang siswanya tidak mendaftar tidak akan menerima dana pemerintah.

Hal ini menimbulkan kemarahan komunitas Haredi, yang telah melobi dan memprotes keras gagasan melakukan dinas militer.

Namun orang-orang Yahudi Israel lainnya menjadi marah pada Haredim, karena mereka hidup dari subsidi negara oleh orang Israel lainnya. Hal ini menyebabkan beberapa serangan terhadap pengunjuk rasa Haredi.

4. Jadi Tentara Akan Mengalihkan Tugas Mempelajari Taurat

Foto/AP

Ada berbagai alasan mengapa mereka tidak mau ikut wajib militer.

Terutama, mereka percaya bahwa bergabung dengan tentara akan mengalihkan perhatian mereka dari mempelajari Taurat, yang menurut mereka adalah tujuan utama hidup mereka.

Mendaftar juga akan menghilangkan unsur-unsur isolasi yang dimiliki komunitas ultra-Ortodoks dari masyarakat luas, dan banyak yang percaya bahwa prinsip-prinsip Haredi bertentangan dengan prinsip-prinsip militer.

5. Dikenal Anti-Zionis dan Percaya Kedatangan Mesias

Foto/AP

Akomodasi khusus juga perlu disediakan, seperti bertugas di unit khusus laki-laki, memastikan mereka tidak melakukan kontak dengan perempuan, memperbolehkan waktu ibadah yang diperpanjang, dan kondisi perumahan yang ketat.

Banyak Haredim juga anti-Zionis, karena mereka percaya bahwa negara Israel hanya dapat didirikan setelah kedatangan sang mesias. Beberapa sekte ultra-Ortodoks bahkan menjadi pendukung utama perjuangan Palestina.

Topik Menarik