India Tak akan Kirim Pejabat Tinggi ke Konferensi Perdamaian Zelensky

India Tak akan Kirim Pejabat Tinggi ke Konferensi Perdamaian Zelensky

Global | sindonews | Selasa, 4 Juni 2024 - 19:15
share

India diperkirakan tidak akan mengirimkan pejabat seniornya ke konferensi perdamaian Ukraina yang diadakan di Swiss akhir bulan ini, menurut laporan media nasional.

Sumber anonim mengatakan kepada Hindustan Times pada Senin (3/6/2024) bahwa New Delhi masih mempertimbangkan tingkat partisipasinya, namun baik Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi maupun Menteri Luar Negeri Subrahmanyam Jaishankar tidak akan menghadiri konferensi tersebut.

Konferensi perdamaian itu dijadwalkan pada 15-16 Juni di Burgenstock Resort, Swiss.

Penasihat Keamanan Nasional India Ajit Doval, yang mewakili negara tersebut pada pertemuan serupa yang diselenggarakan di Arab Saudi Agustus lalu, juga kemungkinan besar tidak akan melakukan perjalanan ke Swiss.

Rusia tidak diundang ke konferensi tersebut dan menganggap peta jalan Ukraina untuk mengakhiri konflik tidak realistis karena tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

India, yang telah memposisikan diri sebagai pemimpin de facto negara-negara Selatan, telah berulang kali menyerukan diakhirinya permusuhan antara Moskow dan Kiev melalui jalur diplomatik.

Modi mengatakan bulan lalu bahwa, India berupaya menyuarakan suara negara-negara Selatan, dan akan berpartisipasi dalam semua pertemuan puncak penting yang mempromosikan agenda perdamaian global.

Pada saat yang sama, New Delhi menolak mengutuk Moskow meskipun ada tekanan terus-menerus dari Barat.

India mengkritik sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE), dan sekutu mereka terhadap Rusia, dan terus mempertahankan hubungan ekonomi dan diplomatik yang kuat dengan Moskow.

Meskipun lebih dari 160 negara telah diundang ke konferensi yang disponsori Ukraina, banyak yang memilih abstain atau mengirimkan pejabat kecil.

Secara khusus, Kiev gagal menggalang dukungan di antara negara-negara Asia, menurut Washington Post.

Pemerintah China menegaskan kembali pada Senin bahwa mereka tidak akan mengambil bagian dalam konferensi Swiss, dengan alasan kondisi yang diperlukan untuk keberhasilan perundingan belum tersedia.

Pakistan juga kemungkinan akan melewatkan pertemuan tersebut karena berupaya menjaga netralitas dalam konflik tersebut, menurut media nasional.

Presiden AS Joe Biden juga tidak akan menghadiri acara di Swiss secara langsung, dan lebih memilih acara penggalangan dana Hollywood yang menampilkan aktor George Clooney.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Biden bukanlah langkah yang kuat jika dia tidak berpartisipasi.

Moskow tidak diikutsertakan dalam acara tersebut, yang diperkirakan akan membahas apa yang disebut sebagai sepuluh poin rencana perdamaian Zelensky. Kiev berargumen Rusia akan berupaya menggagalkan perundingan tersebut.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada RT pekan lalu bahwa tidak masuk akal mengadakan pertemuan puncak untuk menyelesaikan konflik tanpa partisipasi Moskow. Konferensi ini sama sekali tidak memiliki prospek, tegas dia.

Topik Menarik