Jejak Ancaman Mossad kepada ICC dalam Satu Dekade Terakhir

Jejak Ancaman Mossad kepada ICC dalam Satu Dekade Terakhir

Global | sindonews | Minggu, 2 Juni 2024 - 22:22
share

Pada bulan Maret 2021, Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Fatou Bensouda mengumumkan dimulainya penyelidikan atas dugaan kejahatan perang Israel di Palestina.

Sebagai tanggapan, kepala mata-mata Israel pada saat itu, Yossi Cohen, mengintensifkan perang rahasia terhadap pengadilan yang telah dilakukan Israel sejak Palestina bergabung dengan ICC pada tahun 2015.

Bensouda merasa “terancam secara pribadi” setelah Cohen menggunakan pengawasan dan intimidasi untuk mencoba menghalanginya menyelidiki kasus Palestina.

Israel bukan negara penandatangan Statuta Roma ICC, dan Amerika Serikat juga bukan sekutunya, namun surat perintah penangkapan ICC dapat mempersulit para pemimpinnya.

Dari operasi pengawasan hingga kecaman publik, berikut catatab serangan Israel terhadap ICC:

7 Januari 2015

Diumumkan bahwa Palestina ditetapkan menjadi negara pihak ICC, memberikan yurisdiksi ICC atas wilayah tersebut. Ini diselesaikan pada 1 April 2015.

16 Januari 2015

Jaksa ICC Fatou Bensouda membuka pemeriksaan awal mengenai “situasi di Palestina”.

17 Januari 2015

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam keputusan Bensouda sebagai “tidak masuk akal”.

Februari 2015

Dua pria tak dikenal muncul di kediaman Bensouda di Den Haag dan memberinya uang tunai serta telepon Israel, dengan mengatakan bahwa itu adalah hadiah dari seorang wanita Jerman tak dikenal. ICC menyimpulkan bahwa ini kemungkinan merupakan cara Israel untuk memberi tahu Bensouda bahwa mereka “tahu di mana dia tinggal”, menurut penyelidikan Guardian yang diterbitkan pada 28 Mei 2024.2017-2019

Delegasi Israel, yang dipimpin oleh pengacara dan diplomat Israel terkemuka Tal Becker, melakukan pertemuan rahasia dengan ICC, menantang yurisdiksi Bensouda atas Palestina sehubungan dengan penyelidikan yang dibuka pada tahun 2015.

20 Desember 2019

Bensouda mengumumkan bahwa pemeriksaan awal terhadap situasi di Palestina menemukan “dasar yang masuk akal” untuk menyimpulkan bahwa Israel dan kelompok bersenjata Palestina sama-sama melakukan kejahatan perang di wilayah pendudukan dan kasus tersebut memenuhi semua kriteria berdasarkan Statuta Roma. pembukaan penyelidikan.

2019-2021

Direktur Mossad saat itu, Cohen mengintensifkan upaya untuk membujuk Bensouda agar tidak melakukan penyelidikan. Bensouda secara resmi mengungkapkan kepada sebuah kelompok kecil di ICC bahwa dia telah “diancam secara pribadi”.

2019-2021

Lima sumber yang mengetahui aktivitas Mossad mengatakan kepada Guardian bahwa agen mata-mata tersebut secara rutin mendengarkan panggilan telepon antara Bensouda dan stafnya dengan warga Palestina. Agen Israel juga meretas email kelompok Palestina yang berhubungan dengan ICC. Mossad juga memperoleh transkrip rekaman rahasia suami Bensouda, seorang pengusaha Maroko asal Gambia.

Maret 2020

Delegasi pemerintah Israel dilaporkan mengadakan diskusi di Washington, DC dengan para pejabat senior AS tentang “perjuangan bersama Israel-Amerika” melawan ICC.

Juni 2020

Pejabat senior AS mengatakan mereka akan menjatuhkan sanksi kepada pejabat ICC, dengan mengatakan bahwa mereka memiliki informasi yang tidak disebutkan secara spesifik mengenai “korupsi keuangan dan penyimpangan di tingkat tertinggi kantor kejaksaan”.

Baca Juga: Politikus AS Cenderung Mendukung Kekejaman Israel, Berikut Alasannya

Februari 2021

Bensouda mengundurkan diri sebagai jaksa ICC dan Karim Khan mengambil alih peran tersebut.

3 Maret 2021

Bensouda membenarkan bahwa ICC telah memulai penyelidikan terhadap “situasi di Palestina”.

2 April 2021

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mencabut sanksi terhadap Bensouda yang diberlakukan pada masa jabatan presiden pendahulunya Donald Trump. Namun, AS menegaskan bahwa mereka tetap “sangat tidak setuju dengan tindakan ICC” terkait Palestina.

8 April 2021

Netanyahu mengatakan Israel tidak mengakui kewenangan ICC untuk menyelidiki kemungkinan kejahatan perang di Palestina.

30 April 2024

Netanyahu meminta “para pemimpin dunia bebas” untuk menentang kemungkinan surat perintah penangkapan oleh ICC terhadap pejabat Israel, sebelum permohonan surat perintah tersebut diajukan.

20 Mei 202

Investigasi yang diluncurkan pada tahun 2021 berakhir dengan penerus Bensouda, Khan, yang meminta surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant bersama tiga pemimpin Hamas: Yahya Sinwar, Mohammed Diab Ibrahim al-Masri, dan Ismail Haniyeh. Dalam pernyataannya, Khan berkata: “Saya bersikeras bahwa semua upaya untuk menghalangi, mengintimidasi, atau mempengaruhi secara tidak patut pejabat pengadilan ini harus segera dihentikan.”

21 Mei 2024

Netanyahu menganggap permintaan surat perintah penangkapan sebagai “upaya tercela” untuk ikut campur dalam perang Israel di Gaza.29 Mei 2024

Netanyahu mengaku terkejut dan kecewa dengan penolakan dukungan Biden

Topik Menarik