Apakah Pangeran Harry Masih Bisa Menjadi Raja Inggris? William dan George di Urutan 1 dan 2

Apakah Pangeran Harry Masih Bisa Menjadi Raja Inggris? William dan George di Urutan 1 dan 2

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 16 September 2024 - 16:00
share

JAKARTA - Apakah Pangeran Harry masih bisa menjadi Raja Inggris? Pertanyaan ini merebak setelah Raja Charles III mengidap kanker sehingga ada potensi perubahan tugas kerajaan.

Sementara, diketahui bahwa saat ini Pangeran Harry telah mengundurkan diri dari jabatan anggota senior keluarga kerajaan.

Baca Juga: Ulang Tahun, Pangeran Harry dapat Hadiah dari Mendiang Ratu Elizabeth Uang Tunai Rp146 Miliar

Apakah Pangeran Harry Masih Bisa Menjadi Raja Inggris?

Itu pertanyaan yang bagus! Dan jawabannya, mungkin mengejutkan, tetap ya—meski Duke of Sussex telah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa dia ingin menjauhkan diri dari protokol kerajaan dan gangguan media, yang kemungkinan akan semakin meningkat jika dia menjadi raja.

Dikutip cosmopolitan, saat ini Pangeran Harry berada di urutan kelima pewaris takhta dan ini adalah "hak istimewa" hak kesulungan yang tidak dapat dicabut tanpa adanya Undang-Undang Parlemen.

Namun, ada banyak hal yang perlu terjadi agar benar-benar mencapai tahap, di mana Pangeran Harry berada di urutan pertama dan ditetapkan untuk menjadi raja.

Salah satunya, karena Pangeran Harry memiliki kakak laki-laki, Pangeran William, yang merupakan pewaris takhta saat ini dan yang diharapkan akan naik takhta sebagai raja ketika Raja Charles III meninggal kelak.

Jika Pangeran William meninggal sebelum Raja Charles, Pangeran Harry tetap tidak akan menjadi pilihan berikutnya untuk menjadi raja.

Sebaliknya, kehormatan itu akan diberikan kepada putra sulung Pangeran William, yakni Pangeran George.

Demikian pula, jika Pangeran George tidak dapat memenuhi tugasnya menjadi raja, Putri Charlotte akan naik takhta dan jika tidak, Pangeran Louis juga akan berada di depan pamannya, Harry.

Saat ini, di bawah Pangeran Harry dalam urutan suksesi adalah putranya dan Meghan Markle, Pangeran Archie. Ya, dia sekarang menjadi pangeran karena kakeknya adalah Raja saat ini, diikuti oleh putri mereka, Putri Lilibet.

Baca Juga: Meghan Markle Beri Kado Spesial untuk Pangeran Harry

Jadi, intinya? Pangeran Harry suatu hari bisa menjadi raja, tetapi harus ada banyak kematian yang tidak menguntungkan dan prematur agar itu terjadi. Dan bahkan jika itu terjadi, tidak ada kepastian bahwa Duke of Sussex saat ini benar-benar ingin mengambil peran tersebut, dia bisa saja memilih untuk turun takhta.

Apakah Pangeran Harry jadi Raja jika Pangeran William turun takhta?Oke, jadi ini pertanyaan yang lebih sulit—jika Pangeran William memutuskan untuk turun takhta, yang tampaknya sangat tidak mungkin dan Pangeran George berusia di bawah 18 tahun saat itu, maka ya, secara teknis Pangeran Harry atau anggota kerajaan senior lainnya, meski secara teknis yang berikutnya adalah Pangeran Andrew akan diminta untuk bertindak sebagai wali sampai tiba saatnya Pangeran George.

Topik Menarik