Doa Awal Bulan Maulid, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya 

Doa Awal Bulan Maulid, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya 

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 22:02
share

JAKARTA, iNews.id - Doa awal bulan Maulid perlu diamalkan oleh umat Muslim. Bulan Rabiul Awal merupakan salah satu bulan istimewa karena bertepatan dengan bulan lahirnya manusia paling mulia, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. 

Menurut Kalender Hijriah 1446 H atau 2024 M yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI, Safar 1446 H akan berakhir pada Rabu, 4 September 2024. Sedangkan, 1 Rabiul Awal 1446 H jatuh pada Kamis, 5 September 2024. 

Memasuki bulan Rabiul Awal, berbagai macam amalan pun dilakukan oleh umat Muslim dalam rangka memperingati kelahiran Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Termasuk dengan memperbanyak doa ataupun melaksanakan berbagai ibadah sunnah. 

Lalu, apa bacaan doa yang bisa diamalkan oleh umat Muslim di awal bulan Maulid? Berikut doa awal bulan Maulid dilansir dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2024). 

Doa Awal Bulan Maulid

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي خَاتِمَةِ شَهْرِنَا هَذَا ، وَأَقْدِمْ عَلَيْنَا رَبِيعٌ الْأَوَّلِ بِصَلَاحِ الْبِلَادِ وَالْعِبَادِ وَدَفْعِ الْبَلَاءِ وَالْفَسَادِ وَتَفْرِيجِ كَرْبِ أُمَّةِ حَبِيبِك مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْخَافِي وَالْبَادِ ، يَاكَرِيمْ يَاجُوَادْ

Latin: Allaahumma baarik lanaa fi khootimati syahrina Hadza, wa aqdim 'alainaa Robi'uul awwali bisholaahil balaadi wal 'ibaadi wa daf'il balaa-i wal fasaadi watafriiji karbi ummati habibika Muhammad shollallahu 'alaihi wasallama fil kholfii wal baadi Ya Kariim ya Juwaad. 

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di pengujung bulan (shafar) ini dan datangkanlah kepada kami bulan Rabiul Awal dengan diberi kebaikan kepada negara dan orang-orang di dalamnya. Diangkatkan bala dan kerusakan dan hilangkanlah kesedihan, kesusahan umat Nabi Muhammad SAW yang tersembunyi atau yang terlihat, wahai yang Maha Mulia dan Maha Dermawan." 

Selain doa di atas, umat Muslim juga disunnahkan untuk membaca doa memasuki awal bulan berikut ini: 

اَللهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ

Latin: Allaahumma Ahillahuu 'alainaa bil Yumni wal iimaani was Salaamati wal Islaami Robbi wa Rabbukallah. 

Artinya: "Ya Allah, perlihatlah bulan ini kepada kami dengan kebahagiaan, keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah." (HR at-Tirmidzi, ad-Darimi)

Demikian ulasan mengenai Doa awal bulan Maulid. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik