Doa Setelah Akad Nikah Pegang Ubun, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Akad Nikah Pegang Ubun, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 22:10
share

JAKARTA, iNews.id - Doa setelah akad nikah pegang ubun jadi salah satu bacaan yang perlu diketahui oleh umat Muslim. Dalam agama Islam, menikah merupakan bagian dari ibadah.

Pernikahan jadi momen sakral dalam kehidupan setiap pasangan Muslim. Terdapat juga salah satu surat dalam Al-Qur'an tentang pernikahan, yakni surat Ar-Rum ayat 21,

Artinya: "Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari (jenis) dirimu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir".

Selain itu, nikah juga merupakan salah satu sunnah Rasulullah yang perlu diikuti oleh setiap umat Muslim, beliau bersabda pada salah satu hadits,

:

Artinya: Ada empat perkara yang termasuk ke dalam sunnah para Rasul: rasa malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah. (H.R. At-Tirmidzi).

Sebagaimana ibadah lainnya, tentu terdapat sunnah-sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan setelah pasangan pengantin mengucapkan ijab qabul, salah satunya membaca doa akad nikah pegang ubun.

Amalan mencium kening dan memegang ubun-ubun setelah proses ijab qabul termasuk salah satu sunnah dari Rasulullah.

Hal tersebut berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Malik dalam Kitab al-Muwatha' yang berbunyi:

"Yahya bercerita padaku dari Malik, dari Zaid ibn Aslam, bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Ketika salah seorang kalian menikahi perempuan atau membeli budak perempuan, maka peganglah ubun-ubunnya dan berdoalah meminta berkah (kebaikan).'"

Doa Setelah Akad Nikah Pegang Ubun

Mengutip berbagai sumber, Kamis (29/8/2024), berikut doa setelah akad nikah pegang ubun. Adapun, doa ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Dawud no. 2160 dan Ibnu Majah no. 2252, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani

Latin: "Allaahumma innii as-aluka khoirohaa, wa khoiro maa jabaltahaa alaihi, wa auudzu bika min syarrihaa, wa syarri maa jabaltahaa alaihi".

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan perempuan atau budak ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya. Dan aku mohon perlindungan kepadaMu dari kejelekan perempuan atau budak ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya".

Demikian ulasan mengenai doa setelah akad nikah pegang ubun. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik