Kenali 12 Bunga Menurut Bulan Kelahiran dan Karakteristiknya

Kenali 12 Bunga Menurut Bulan Kelahiran dan Karakteristiknya

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:57
share

RAGAM bunga menurut bulan kelahiran atau birth flower sangat banyak dan memiliki karakteristik tersendiri. Mengutip dari The Old Farmer’s Almanac (2024), biasanya bunga kelahiran dipilih berdasarkan musim saat tumbuh atau mitologi turun temurun tentangnya.

Biasanya, birth flower juga dapat menggambarkan secara akurat karakter dari seseorang. Pasti kamu semakin penasaran bukan dengan hal ini?

12 Bunga Menurut Bulan Kelahiran

Sama halnya dengan jumlah bulan dalam setahun, ternyata ada juga jenis bunga tertentu yang melambangkan tiap-tiap bulan tersebut. Mengaitkan bunga tertentu dengan bulan juga telah menjadi tradisi lama, lebih tepatnya sejak era Romawi kuno.

Namun kini, simbolisasi ini sudah berkembang dan telah lama dijadikan referensi untuk memperingati berbagai acara, seperti ulang tahun maupun anniversary.

Di Indonesia, banyak orang yang mempercayai bunga sesuai bulan kelahiran layaknya kita percaya pada zodiak.

“Biasanya (mereka) yang memesan buket bunga dengan bunga tertentu untuk ulang tahun orang tua, teman, anak, atau orang terdekat menggunakan patokan bunga yang menjadi simbol sesuai bulan kelahirannya,” ucap Hero Wijayadi, salah satu pemilik toko bunga online di Indonesia, bernama Delovery.

Bahkan menurutnya, ada yang memesan jauh-jauh hari karena beberapa bunga yang sesuai bulan kelahiran ketersediaannya terbatas.

Berikut adalah macam-macam bunga kelahiran dari masing-masing 12 bulan dalam kalender Masehi.

1. Bulan Januari: Anyelir

Bunga kelahiran bulan Januari merupakan bulan pertama dalam kalender Masehi yang bisa diartikan sebagai awal dari perjalanan baru. Bunga anyelir menjadi varietas yang melambangkan Januari secara sempurna.

Anyelir merupakan bunga yang mempunyai kelopak warna-warni. Setiap warna dari bunga untuk bulan Januari ini mempunyai arti berbeda, antara lain:

  • Merah muda: kasih sayang dan kelembutan
  • Merah: cinta mendalam dan menggebu
  • Putih: ketulusan dan kemurnian
  • Kuning: kekecewaan

Anyelir putih merupakan gambaran sempurna untuk melambangkan Januari yang masih bersih, belum menorehkan banyak cerita. Jadi, melalui bunga ini, diharapkan Januari menjadi awal masa depan yang lebih baik dari bulan atau tahun sebelumnya.

2. Bulan Februari: Violet

Berikutnya ada bunga menurut bulan kelahiran yang mewakili Februari, yaitu bulan kedua dalam kalender Masehi. Bunga kelahiran bulan Februari yang identik dengan hari kasih sayang (valentine) ini adalah bunga violet.

Violet merupakan simbol kesopanan, kesetiaan, kepolosan, cinta abadi, serta kenangan. Di sisi lain, bunga Violet juga memberikan kesan misterius dan dingin tapi selalu mampu menenangkan.

Mereka yang lahir pada Februari rata-rata mempunyai karakteristik sebagaimana bunga violet. Sifatnya lembut, penuh cinta dan kasih sayang, serta mempunyai kesetiaan atau loyalitas tinggi. Mereka juga berjiwa tenang dan tidak menyukai keributan.

3. Bulan Maret: Daffodil

Daffodil. (Foto: dok unsplash)

Pada negara empat musim, Maret merupakan awal musim semi dan setelah musim dingin berakhir. Hal itu melambangkan kebangkitan dan semangat baru. 

Daffodil tumbuh ketika awal musim semi, sehingga memang identik dengan bunga kelahiran bulan Maret. Selain itu, warna kuning cerah dari daffodil juga menjadi simbol kebahagiaan dan awal baru. Sempurna untuk mendeskripsikan musim semi di bulan Maret, bukan?

4. Bulan April: Daisy

Masih masa peralihan dari musim dingin ke musim semi, bunga kelahiran bulan April merupakan masa beradaptasi dan berjuang. Hal tersebut dapat terwakilkan oleh bunga cantik bermahkota putih, yaitu daisy. Keduanya memiliki karakteristik yang sama, yaitu teguh dan tangguh.

5. Bulan Mei: Lily of the Valley

Lily of the Valley. (Foto: dok unsplash)

Bulan Mei merupakan puncak musim semi. Bunga yang tumbuh pada periode tersebut dan cocok melambangkan karakteristik orang yang lahir di bulan Mei adalah lily of the valley. Sosok yang lahir di bulan ini identik dengan karakter anggun, cantik, tapi tangguh.

Sebab itulah, lily of the valley yang anggun tapi beracun sangat cocok dijadikan sebagai bunga menurut bulan kelahiran Mei karena sangat representatif. Bunga ini juga memiliki keindahan yang bersifat eternal alias sangat indah dan tidak lekang oleh waktu.

6. Bulan Juni: Mawar

Berada di tengah-tengah kalender Masehi, Juni merupakan awal musim panas. Orang yang lahir di bulan Juni identik dengan karakter daya juang tinggi, posesif terhadap seseorang atau sesuatu yang dimiliki, sekaligus sangat romantis yang dimiliki bunga mawar.

Apalagi, mawar merupakan bunga yang sangat sering diberikan kepada seseorang di berbagai momen. Tidak berlebihan, karena bunga ini memang memiliki sifat universal, unik, dan menggoda. Terlebih duri di bagian batangnya melambangkan karakter posesif orang-orang kelahiran Juni.

7. Bulan Juli: Larkspur

Bunga yang melambangkan bulan Juli adalah larkspur. Orang yang terlahir pada bulan ini mempunyai karakter hangat, ramah, dan bijaksana. Larkspur yang memang mekar di bulan Juli merupakan interpretasi sempurna untuk menggambarkan keindahan, kesederhanaan, dan kehangatan.

8. Bulan Agustus: Poppy

Berikutnya, Agustus, ada bunga poppy yang melambangkannya. Agustus itu identik dengan karakter seseorang yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan kuat, bahkan sedikit berbahaya.

Bunga poppy melambangkan sisi kuat dari mereka yang lahir pada Agustus. Meskipun begitu, poppy mengandung zat opium yang bila terhirup dalam jumlah besar dan dalam waktu lama dapat menyebabkan kematian. Benar-benar representasi yang sempurna untuk menggambarkan keindahan dan kewaspadaan.

9. Bulan September: Morning Glory

September merupakan masa peralihan musim antara panas ke musim gugur. Karakteristik orang yang lahir pada September yaitu kesabaran tinggi, bijaksana, bersemangat, dan tangguh. Sebab, adaptasi dalam peralihan musim bukan hal mudah.

Itulah yang bunga morning glory tampilkan sehingga tepat menjadi lambang bunga untuk bulan kelahiran September. Dalam mitologi Yunani, morning glory sama-sama mempunyai karakter sebagaimana seseorang yang lahir bulan September.

10. Bulan Oktober: Marigold

Seseorang yang lahir pada Oktober identik dengan kreativitas tinggi, keberanian besar, dan semangat yang membara. Bunga marigold dengan kelopaknya yang bertumpuk tebal dan warna oranye menyala mendeskripsikan hal itu dengan sempurna. Sebab itu, marigold menjadi simbol yang representatif untuk kelahiran bulan Oktober.

11. Bulan November: Krisan

Bunga menurut bulan kelahiran November adalah krisan. Seseorang yang lahir di bulan ini sendiri memiliki karakter setia, jujur, dan mampu menyembuhkan luka batin. Karakter ini sama seperti bunga krisan yang memiliki keindahan alami dan bisa menjadi tanaman obat juga.

12. Bulan Desember: Holly

Terakhir adalah Desember yang menjadi penutup kisah sepanjang tahun. Watak seseorang yang lahir pada Desember itu tangguh dan penuh semangat untuk mewujudkan keinginannya.

Hal itu terwakili oleh bunga holly yang meskipun tampak rapuh dengan kelopak kecil berwarna putih dan kuning, tapi justru bisa bertahan di tengah musim salju yang baru dimulai, ada daya juang tinggi.

Tips Memberi Bunga Sesuai

  • Kenali karakter dan warna, pilih bunga dan warna yang sesuai dengan bulan lahir dan kepribadian penerima untuk menambah kesan mendalam.
  • Sesuaikan momen dan rangkaian, berikan pada momen spesial dengan rangkaian unik dan personal, seperti buket bunga, buket balon atau kotak bunga.
  • Perhatikan kualitas dan ketersediaan, pastikan bunga segar dan pesan lebih awal jika bunga langka atau musiman.

Meskipun merupakan bagian dari mitologi, daftar bunga menurut bulan kelahiran di atas memang memiliki karakter mirip dengan seseorang yang lahir di waktu tersebut. Lagi pula, bunga bersifat universal sebagai hadiah. Maknanya yang luas sangat bisa dijadikan sebagai media untuk ungkapan cinta ataupun terima kasih.

Dikutip dari instagram Delovery (@delovery.id), kamu bisa memberikan bunga dalam beberapa bentuk, seperti karangan bunga papan, bunga standing, buket meja, buket balon, buket bunga box hingga buket uang, semua artistik dan anti mainstream. Tidak ada salahnya mencoba memberikan bunga dalam bentuk berbeda.

Jika tertarik untuk memesan bunga sesuai bulan kelahiran, kalian bisa cek katalog produk di website Delovery dan pilih beragam hadiah bunga untuk orang tersayang.

Delovery sebagai platform untuk menyampaikan ungkapan kasih dan silaturahmi melalui berbagai produk pilihan, seperti bunga, hampers, parcel, dan gift siap untuk mengirim ke seluruh kota di Indonesia dengan lebih dari 300 mitra yang tersebar di setiap kota memastikan setiap bunga dan hadiah dikirim dengan kualitas terbaik dan tepat waktu.

Topik Menarik