7 Ide Kostum Karnaval Meriahkan HUT Ke-79 RI, Dijamin Unik dan Berkesan

7 Ide Kostum Karnaval Meriahkan HUT Ke-79 RI, Dijamin Unik dan Berkesan

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 7 Agustus 2024 - 12:13
share

PADA 17 Agustus nanti masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79. HUT Kemerdekaan RI biasanya diisi dengan berbagai kegiatan menarik, salah satunya adalah karnaval.

Karnaval biasanya mengangkat tema Kemerdekaan Indonesia. Selama kegiatan karnaval berlangsung, para peserta pun akan memakai kostum karnaval yang unik dan kreatif. Memakai kostum karnaval akan membuat penampilan Anda menjadi center of attention.

Pelaksanaan karnaval yang biasanya diikuti puluhan peserta, dengan berbagai tema yang unik dan kreatif, akan membuat perayaan HUT RI tahun ini akan semakin seru dan berkesan.

Untuk Anda yang akan berpartisipasi dan sedang mencari referensi Kostum Karnaval Lucu , berikut ini beberapa ide kostum karnaval yang dapat digunakan untuk merayakan HUT ke-79 RI. Yuk, langsung disimak:

1. Kostum Pahlawan Nasional

Kostum bertema kepahlawanan untuk karnaval 17 Agustus bisa Anda pilih. Berdandan sebagai tokoh pahlawan nasional, maupun pahlawan dari daerah masing-masing tentu sangat menarik.

Anda bisa memakai kostum seperti Cut Nyak Dien ala adat Aceh maupun Bung Tomo ala militer. Bahkan, Anda juga bisa berkostum dengan busana yang nyentrik ala keberanian dengan semangat juang.

2. Kostum Daur Ulang

Kostum bertemakan daur ulang misalnya dedaunan, koran, kardus bekas, yang dibentuk menjadi pakaian dan aksesori lainnya bisa menjadi pilihan. Hal itu sekaligus memperlihatkan bahwa sampah bisa didaur ulang.

Dengan menggunakan tema ini, maka Anda mengajak masyarakat untuk berfokus pada pelestarian lingkungan dengan menekankan pentingnya menjaga alam.

3. Kostum Tari Daerah

Kostum ini mengundang peserta untuk mengeksplorasi dan merayakan kekayaan budaya Indonesia dengan menampilkan beragam pakaian tari daerah. Misalkan Kostum Tari Manuk Dadali .

Peserta bisa memilih untuk mengenakan busana adat dari daerah asal mereka atau menampilkan budaya dari daerah lain dengan penuh keceriaan dan semangat.

Dengan cara ini, karnaval tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga kesempatan untuk memperkenalkan dan melestarikan keragaman budaya yang ada di Indonesia kepada khalayak

4. Kostum Merah Putih

Tema kostum karnaval merah putih secara langsung mewakili warna bendera kebangsaan Indonesia, sehingga peserta hanya perlu memadupadankan elemen warna merah dan putih dalam kostum mereka.

Dengan tema ini, peserta dapat dengan mudah menampilkan semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap identitas negara melalui pilihan warna yang sederhana namun penuh makna.

5. Tema Tradisi Daerah

Indonesia memiliki tradisi dan ciri khas budaya yang unik dan masih terjaga hingga saat ini. Memilih tema tradisi budaya untuk karnaval adalah cara yang efektif untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan tradisi daerah kepada masyarakat yang lebih luas.

Misalnya, peserta bisa mengenakan pakaian adat, memamerkan senjata tradisional, menampilkan, menggunakan alat musik tradisional, hingga pakaian tarian tradisional seperti Kostum Tari Piring .

6. Tema Kostum Wayang

Karnaval dengan tema wayang untuk memeriahkan 17 Agustusan, tidak hanya memberikan nilai edukatif kepada generasi muda tentang kebudayaan Tanah Air. Tetapi juga menambahkan nilai budaya yang khas melalui kostum-kostum wayang yang dikenakan.

Ini menjadi kesempatan untuk mengedukasi masyarakat tentang keindahan dan kekayaan budaya wayang, sekaligus memamerkan kreativitas dan keunikan seni tradisional Indonesia.

7. Tema Indonesia Tempo Dulu

Dengan memilih tema ini, karnaval 17 Agustusan akan memberikan wawasan tambahan perihal kisah-kisah dari zaman dahulu. Tema ini akan mengingatkan dan membawa suasana nostalgia dengan menampilkan perkembangan Indonesia dari masa ke masa.

Itulah 5 ide kostum karnaval untuk memeriahkan HUT RI ke-79. Berbagai kostum karnaval tersebut bisa Anda dapatkan online lewat Tokopedia. Beli kostum Kemerdekaan model dan desain terbaru dengan harga murah 2024 di Tokopedia. Dapatkan promo pengguna baru, kurir instan, hingga bebas ongkir hanya di Tokopedia.

Topik Menarik