Jangan Sembarangan Pilih Outfit untuk Anak, Perhatikan Kenyamanan hingga Fungsinya

Jangan Sembarangan Pilih Outfit untuk Anak, Perhatikan Kenyamanan hingga Fungsinya

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:45
share

JAKARTA, iNews.id - Mengajak si kecil memilih pakaian sendiri bisa jadi aktivitas menyenangkan sekaligus membantu anak belajar membuat keputusan. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri mereka.

Pastikan untuk memberikan pilihan yang sesuai dengan cuaca dan acara. Biarkan mereka memilih outfit dari opsi yang sudah Anda sediakan.

Kali ini, bagi para orang tua harus tahu, jangan sembarangan memilih pakaian untuk si kecil. Anda bisa mengajak si kecil memilih pakaiannya sendiri. Sebab, hal ini bisa menjadi aktivitas menarik untuk dilakukan kapan saja.

Penasaran, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih outfit untuk si kecil? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (26/7/2024).

1. Pentingnya kenyamanan

Kenyamanan menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih pakaian untuk anak-anak. Pakaian yang nyaman akan membuat anak-anak bebas bergerak dan beraktivitas. Pakaian dari bahan alami seperti katun juga menjadi pilihan terbaik karena lembut, ringan, dan tidak menyebabkan iritasi. Salah satu yang menjamin dan memastikan pakaian tersebut dirancang dengan nyaman dan aman untuk kulit anak adalah pakaian yang sudah bersertifikat, baik sertifikasi internasional Oeko Tex Standard 100 maupun SNI.

2. Sesuaikan dengan kegiatan anak

Pilih pakaian sesuai dengan kegiatan anak. Misalnya, untuk waktu bersantai di rumah, pilih baju tidur atau piyama yang nyaman seperti yang terdapat dalam koleksi Libby x Sanrio. Untuk bermain di luar, pilih pakaian yang stylish tetapi tetap nyaman, mulai dari atasan, bawahan, hingga set pakaian yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas.

3. Pilih desain yang menarik

Desain pakaian juga memengaruhi semangat dan kreativitas anak. Misalnya, karakter ikonik Sanrio seperti Hello Kitty, Kuromi, dan Cinnamoroll, yang tidak hanya menarik tetapi juga memiliki nilai-nilai positif. Irene Imanata Santoso, sales and marketing director Libby, mengatakan desain yang ceria dan penuh warna dapat memicu imajinasi anak-anak, membantu mereka mengekspresikan diri dan merajut mimpi mereka, misalnya melalui permainan dengan karakter Sanrio.

Karakter Sanrio bisa menjadi titik awal untuk bermain bersama teman-teman, yang penting untuk pengembangan sosial anak. Melalui permainan ini, anak-anak belajar berkolaborasi, berbagi ide, dan merajut mimpi bersama, katanya.

4. Praktis dan sesuai fungsi

Pilih pakaian yang mudah dipakai dan dilepas, serta mudah dicuci. Anak-anak sering kali aktif dan rentan terhadap kotoran, sehingga kepraktisan dalam berpakaian menjadi penting. Pakaian yang mudah dirawat akan memudahkan ibu dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan anak.

5. Libatkan anak dalam memilih pakaian

Memberikan anak kesempatan untuk memilih pakaian mereka sendiri dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membuat mereka lebih bersemangat untuk memakainya. Biarkan mereka memilih model pakaian yang disukainya, sehingga mereka merasa lebih terlibat dan senang dengan pilihan mereka.

6. Perhatikan ukuran yang tepat

Pastikan memilih ukuran yang sesuai dengan pertumbuhan anak. Pakaian yang terlalu kecil atau terlalu besar bisa mengganggu kenyamanan dan aktivitas anak. Libby x Sanrio menawarkan berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak, mulai dari bayi hingga usia 14 tahun. Pendampingan orang tua dalam proses memilih pakaian ini memberikan fondasi yang kuat bagi anak untuk percaya diri dan berani tampil dengan pakaian pilihannya. Dengan pakaian yang tepat, setiap momen bisa menjadi petualangan yang luar biasa bagi anak-anak.

Topik Menarik