Mencicipi 8 Makanan Halal Filipina di MHR Culinary Conference 2024 

Mencicipi 8 Makanan Halal Filipina di MHR Culinary Conference 2024 

Gaya Hidup | okezone | Minggu, 8 September 2024 - 01:31
share

OKEZONE atas undangan Archipelago Hotels berkesempatan menghadiri Megaworld Hotels & Resorts (MHR) Culinary Conference 2024 yang dilangsungkan di Hotel Richmonde, Illoilo, Filipina pada 5-7 September 2024.

Di hari terakhir penyelenggaraan pada Sabtu 7 September 2024, para tamu undangan yang notabene petinggi dari Grup MHR, berkesempatan menjajal 8 makanan halal di Filipina. Wisata halal memang sedang digalakkan grup hotel yang satu ini.

Salah satu hotel milik Grup MHR yang berada di Boracay, Filipina, (Savoy Hotel) bahkan telah memiliki sertifikat halal untuk dapur mereka. Karena itu, dalam konferensi kali ini, muslim hospitality menjadi tema utama mereka, salah satunya soal makanan halal.

Okezone pun berkesempatan mencicipi 8 makanan halal di MHR Culinary Conference 2024. Apa saja? Berikut 8 makanan halal Filipina di MHR Culinary Conference 2024:

Lapus-Lapus

Lapus-Lapus merupakan makanan pembuka (appetizer). Bahan-bahan yang menyelimuti appetizer ini sangat banyak meski bentuknya kecil, yakni telur krathong, ubod mousse, udang tartare asap, kaviar gula batu, keripik bawang putih dan arugula badiangan. Rasa manis begitu dominan dalam makanan yang satu ini.

Inasal Tacos

Seperti lapus-lapus, Inasal Tacos merupakan makanan pembuka. Dikemas seperti sandwich versi kecil, Inasal Tacos berisikan ayam inasal, Ilonggo inasal, saus barbeque, Cangkang Taco Sinangag, Sayuran Petik, Mutiara Kedelai, Daun Bawang dan Calamansi Aioli. Rasa asin lebih dominan.

Inasal na Takway

Berbentuk seperti usus ayam, Inasal na Takway berisikan Takway Isaw, Adoboso Ilonggo Au Jus dan Jamur Chicharon. Setelah dipadukan, rasa Inasal na Takway layaknya daging ayam yang diberikan kecap.

Molos Fishball

Berbentuk seperti bakso tapi berwarna kuning, Molos Fishball tampak mengunggah selera. Makanan yang berasal dari distrik Molo ini adalah pangsit berisi ikan, bola ikan, kecap asam manis dan bubuk bawang putih. Asin lebih dominan dalam makanan yang satu ini.

Guimaras Wheel

Gumaras Wheel masuk ke jenis makanan penutup (dessert). Dominan manis, Guimaras Wheel menggunakan bahan jeli mangga, selai buah naga, mangga kering, kulit kalamangi dan potongan jambu mete.

Lamb Rack Spinach Au Gratin

Setelah mencicipi dessert, para tamu kembali disajikan makanan utama (main course) bernama Lamb Rack Spinach Au Gratin. Sebelumnya, para tamu lebih dulu mendapatkan Soto Betawi, namun tidak Okezone bahas karena Soto Betawi berasal dari Indonesia. Selain steak daging domba, Lamb Rack Spinach Au Gratin berisikan bayam, kentang dan saus gulai.

Kansi-Linaga

Main course lagi-lagi disajikan, kali ini bernama Kansi-Linaga. Kansi Linaga merupakan iga sapi yang dipadukan dengan minyak libas dan tulang sumsum.

Biscocho dan Pinasugbo

Terakhir ada Biscocho dan Pinasugbo. Dua makanan ini merupakan oleh-oleh khas Filipina. Ketika Biscocho (biskuit cokelat) dan Pinasugbo (pisang) dipadukan, jadilah sebuah es krim yang mengunggah selera.

Topik Menarik