Biasakan Anak Konsumsi Makanan Bergizi, Tempuh 5 Cara

Biasakan Anak Konsumsi Makanan Bergizi, Tempuh 5 Cara

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Kamis, 25 Juli 2024 - 08:20
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id Cemilan dan makanan manis kerap disukai anak-anak. Rasanya yang bikin ketagihan. Namun, perlu dipahami bahwa makanan tersebut bisa memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan.

Mengatasinya, Anda perlu membatasi dan membiasakan si kecil mengonsumsi makanan bergizi. Meski terkadang sulit, ada beberapa tips ampun melakukannya. Melansir Parents, berikut ulasannya.

Tips Membiasakan Anak Konsumsi Makanan Bergizi

1. Perkenalkan Makanan Baru Perlahan
Tips selanjutnya ialah memperkenalkan makanan baru secara perlahan pada anak. Jangan paksa si kecil untuk langsung mengonsumsi semua buah dan sayur atau makanan bergizi lainnya yang baru di mata mereka.

Lakukan secara perlahan dan biasakan sedikit demi sedikit. Dengan begitu anak tak trauma dan bisa terbiasa.

2. Jadwalkan Waktu Makan Camilan
menjadwalkan waktu makan camilan untuk anak perlu dipertimbangkan. Tak masalah Anda memberikan camilan untuk anak, namun pastikan untuk menjadwalkannya.

Jangan biarkan anak mengonsumsi makanan ringan setiap saat. Hal ini dapat membuat mereka terbiasa sehingga enggan mengonsumsi makanan bergizi lainnya.

Misalnya, anak-anak perlu makan setiap tiga hingga empat jam: tiga kali makan, dua kali camilan, dan banyak cairan. Jika Anda menjadwalkan hal ini, pola makan anak akan jauh lebih seimbang.

3. Biasakan Sayur dan Buah
Selanjutnya biasakan untuk selalu menyertakan sayur dan buah di makanan anak. Anda bisa membuat tumisan atas mencampur sayuran lainnya di masakan.

Jangan lupa untuk memberikan potongan buah di piring anak. Dengan biasa disajikan, Anda juga akan terbiasa mengonsumsinya.

4. Buat Makanan Lebih Menarik
Siapa bilang makanan bergizi itu membosankan? Anda bisa membuat menu makanan sehat ini jadi lebih ceria dan menyenangkan untuk mereka.

Bila anak susah makan sayur dan buah, coba tata makanan jadi bentuk yang menyenangkan sehingga memengaruhi anak untuk mengonsumsi makanan tersebut.

5. Ajak Anak Memasak
Satu lagi ialah mengajak anak ikut memasak. Ajak mereka membuat makanan yang lengkap dan bergizi seimbang.

Jika anak Anda terlibat dalam memilih atau menyiapkan makanan, mereka akan lebih tertarik memakan apa yang mereka buat. Jika mereka sudah cukup umur, biarkan mereka memotong sayuran dan mencampurkannya ke dalam masakan.

(*)

Topik Menarik