Bukti tak Berdayanya Manusia dan Jin, Terkandung pada Surat Ar Rahman

Bukti tak Berdayanya Manusia dan Jin, Terkandung pada Surat Ar Rahman

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Kamis, 25 Juli 2024 - 08:20
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Isi kandungan Surat Ar Rahman ayat 33 menarik diulas karena bisa menambah ketakwaan kepada Allah. Surat Ar Rahman merupakan surat ke-55 dalam Alquran.

Ar Rahman artinya "Yang Maha Pemurah". Surat ini termasuk surah Makkiyyah. Surat Ar Rahman mengajarkan kepada manusia dan jin untuk pandai-pandai bersyukur atas nikmat Allah.

Dalam tafsir Ibnu Katsir sebagaimana disebutkan dari Jabir yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw keluar menemui para sahabatnya. Lalu membacakan kepada mereka surat Ar-Rahman dari permulaan hingga akhirnya, dan mereka hanya diam saja.

Maka bersabdalah Rasulullah Saw, "Sesungguhnya aku telah membacakannya kepada jin di malam perjumpaan dengan jin. Dan mereka mempunyai jawaban yang lebih baik daripada kalian.

Karena setiap kali bacaanku sampai pada firman-Nya: Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan (Ar-Rahman: 13) Maka mereka menjawabnya dengan jawaban, Tiada sesuatu pun dari nikmat-Mu, wahai Tuhan kami, yang kami ingkari; bagi-Mu segala puji."

Bacaan Surat Ar Rahman ayat 33 dan Artinya

Latin: Yaa Ma'syarol jinni wal insi inistatho'tum an tanfudzuu min aqthoorissamawaati wal ardhi fangfudzuu laa tanngfudzuuna illa bisulthoon.

Artinya: Hai golongan jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (Ar-Rahman: 33).

Lantas, apa isi yang terkandung dalam Surat Ar Rahman ayat 33 tersebut di atas? Berikut ulasan lengkapnya dari iNews.id.

Isi Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33

Surat Ar rahman ayat 33 ini berisi tentang manusia dan jin yang tidak memiliki kekuatan apa pun. Mereka tidak dapat sembunyi maupun lari dari perintah Allah maupun takdir-nya.

Dalam tafsir Ibnu Katsir diterangkan bahwa ayat tersebut menjelaskan bahwa jin dan manusia tidak akan dapat melarikan diri dari perintah Allah dan takdir-Nya, bahkan Dia meliputi kalian dan kalian tidak akan mampu melepaskan diri dari hukum-Nya, tidak pula membatalkan hukum-Nya terhadap kalian, ke mana pun kalian pergi selalu diliput.

Dan ini menceritakan keadaan di Yaumul Mahsyar (hari manusia dihimpunkan); sedangkan semua malaikat mengawasi semua makhluk sebanyak tujuh saf dari semua penjuru, maka tiada seorang pun yang dapat meloloskan diri,

{ }

kecuali dengan kekuasaan. (Ar-Rahman: 33)

Yaitu dengan perintah dari Allah.

{ . . }

Pada hari itu manusia berkata, "Ke manakah tempat lari?Sekali-kali tidak! Tidak ada tempat berlindung! Hanya kepada Tuhanmu sajalah pada hari itu tempat kembali. (Al-Qiyamah: 10-12).

Dalam Tafsir Kemenag, Surat Ar Rahman ayat 33 menjelaskan bahwa Allah menegaskan kepada manusia dan jin tidak akan dapat menghindar dari pertanggung jawaban. Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus atau melintasi penjuru langit dan bumi untuk menghindari pertanggung jawaban dan balasan yang akan menimpamu, maka keluar dan tembuslah keduanya. Ketauhilah, kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan, sedangkan kamu sama sekali tidak mempunyai kekuatan itu.

Khasiat Surat Ar Rahman Ayat 33

Surat Ar Rahman ayat 33 diyakini memiliki khasiat untuk menangkal atau menghindar dari gangguan jin yang menggoda manusia. Sebagaimana yang telah diketahui, jin dapat mengganggu manusia baik secara fisik dan non-fisik atau bahkan menurunkan keimanan manusia.

Khasiat tersebut bersandar pada sebuah riwayat Imam Nafi dari Ibnu Umar ra, ia berkata: Pada suatu hari saya duduk bertamu ke rumah Aisyah RA, tiba-tiba ada seorang anak kecil yang kerasukan jin dibawa ke hadapannya. Maka Aisyah RA membacakan kepada anak itu tanpa aku dengar. Berkat izin Allah swt, maka anak tersebut sembuh. Aku pun (Ibnu Umar) bertanya pada beliau, Wahai Ummul Mukminin, apakah yang engkau bacakan untuk anak itu? Beliau menjawab, Aku bacakan untuknya surah at-Taubah [9] ayat 128-129 dan surah ar-Rahman [55] ayat 33. Allah mengizinkan kalian atau kalian melawan padanya.

Dari sanalah, khasiat surat Ar Rahman ayat 33 diyakini dapat mengusir gangguan dari jin.

Itulah ulasan isi kandungan Surat Ar Rahman ayat 33 dan khasiatnya bagi manusia yang beriman.

Wallahu A'lam.

(*)

Topik Menarik