Bacaan Dzikir dan Doa setelah Sholat Tahajud, Yuk Amalkan agar Cepat Diijabah

Bacaan Dzikir dan Doa setelah Sholat Tahajud, Yuk Amalkan agar Cepat Diijabah

Gaya Hidup | inews | Kamis, 30 Mei 2024 - 02:00
share

JAKARTA, iNews.id - Dzikir dan doa setelah sholat Tahajud agar cepat diijabah penting muslim ketahui dan amalkan. Dalam sejumlah hadits disebutkan waktu mustajab berdoa salah satunya di pertengahan malam saat sholat tahajud.

Dzikir atau dzikrullah secara etimologi dapat diartikan sebagai aktivitas untuk mengingat Allah. Adapun menurut istilah fiqh, dzikrullah sering dimaknai sebagi amal qauliyah melalui bacaan-bacaan tertentu.

Pada dasarnya, dzikir memilki cakupan makna yang sangat luas karena setiap amalan baik yang dilakukan karena Allah merupakan bagian dari berdzikir kepada-Nya.

Ada banyak dalil perintah untuk berdzikir dalam Al Quran. Salah satunya dalam Surat Al Ahzab ayat 41. Allah SWT berfirman:

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. Al Ahzab: 41).

Salah satu waktu dzikir agar keinginan dikabulkan adalah setelah melaksanakan sholat tahajud. Sebagaimana diketahui, Sholat tahajud merupakan sholat sunnah muakkad atau sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada tengah malam.

Sholat tahajud juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa terutama bagi yang memiliki keinginan atau hajat tertentu.Dahsyatnya dzikir dan doa setelah sholat tahajud ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Umamah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Hasan.

Dalam hadits lain disebutkan mengenai dahsyatnya memanjatkan doa di tengah malam setelah sholat tahajud. Pasalnya, doa di waktu tersebut diyakini mustajab.

Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang berbunyi:

Artinya: Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya. (HR Muslim nomor 757).

Lantas, bagaimana bacaan dzikir dan doa setelah menjalankan sholat tahajud? Simak ulasannya berikut ini.

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud

1. Membaca Istighfar

Dzikir setelah sholat tahajud yang pertama yakni membaca istighfar.

Astaghfirullaahal-Adziim, Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwalhayyul-Qayyuum, Wa Atuubu Ilaiih. (Dibaca sebanyak 3 kali).

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah yang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.

2. Membaca Laa Ilaaha illallah

Dzikir setelah sholat tahajud berikutnya yakni membaca tahlil.

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai-in qodiir

Artinya: Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.

3. Membaca Tasbih, Tahmid, Tahlil dan Takbir .

Subhanallah, wal hamdulillah, wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar, walaa haulaa walaa quwwata illaa billah.

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah. Dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Allah Maha Besar, dan tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

4. Membaca Sayyidul Istighfar

Allahumma anta rabbii laa ilaha Illa anta khalaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika, wawa'dika mas tatho'tu, a'dzubika min syarri maa shona'tu, abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abu u bidzanbi faghfirli fainnahu laa yaghfiru dzunuuba Illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tiada tuhan selain Engkau. Engkau-lah yang telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku tetap pada ikatan-Mu dan perjanjian-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui dosaku kepada-Mu, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku. Maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.

Doa setelah sholat Tahajud


Latin: Allaahumma lakalhamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, laka mulku samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu, anta malikus samaawaati wal ardhi, wa lakal hamdu, antal haqqu, wawadukal haqqu, waliqaa uka haqqun, waqauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wannabbiyuuna haqqun, wa muhammadun sallaahu alaihi wa sallama haqqun, wassaatu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, waalaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu wamaa akhrartu, wamaa asrartu wamaa alantu, antal muqaddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illaa anta.

Artinya: Ya Allah, bagi Mu segala puji, Engkau penegak langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar, janji-Mu itu benar, bertemu dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, surga itu benar, neraka itu benar, para nabi itu benar, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam itu benar, kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mulah saya berserah diri, kepada-Mulah saya beriman, kepada-Mu saya bertawakal. Kepada-Mu saya kembali, kepada-Mu saya mengadu, dan kepada-Mu saya berhukum. Maka, ampunilah dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, yang saya sembunyikan dan yang terang-terangan, dan yang lebih Engkau ketahui daripada saya. Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengemudiankan, tidak ada tuhan melainkan Engkau.

Keistimewaan doa setelah sholat tahajud ini disebutkan dalam hadist Nabi SAW:

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Hasan.

Itulah ulasan dzikir dan doa setelah sholat tahajud agar hajatnya cepat dikabulkan Allah lengkap dengan teks Arab, latin, dan artinya.

Wallahu A'lam

Topik Menarik