Proyek Pembangunan Gedung DPR di IKN Siap Dilelang Tahun Depan, di Mana Lokasinya?

Proyek Pembangunan Gedung DPR di IKN Siap Dilelang Tahun Depan, di Mana Lokasinya?

Berita Utama | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 00:30
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menyebut bahwa pembangunan kompleks DPR di IKN siap dilelang pada 2025 mendatang. Saat ini pihaknya tengah melakukan penyusunan desain bangunan terlebih dahulu sebelum masuk dalam proses lelang pada pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto mendatang.

"Itu sangat mungkin (lelang pembangunan gedung DPR IKN) di tahun 2025, desain sedang kita siapkan," ucap Danis kepada iNews.id, Rabu (9/10/2024).

Danis menambahkan, saat ini alokasi lahan untuk pembangunan kompleks legislatif tersebut sudah ditetapkan. Berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A, berlokasi di samping lokasi Istana Presiden.

"Lahan sudah ada, itu ada di kiri kanan istana, ada yudikatif dan legislatif, kalau luasnya belum hafal saya kita detailnya," tuturnya.

Selain kompleks legislatif di IKN, Danis mengatakan kompleks perkantoran Lembaga Yudikatif juga ditargetkan masuk dalam tahap lelang tahun depan. Adapun lokasinya akan berada di samping Istana Presiden.

Sehingga, nantinya Istana Presiden akan diapit oleh Lembaga Yudikatif dan Lembaga Legislatif jika keduanya telah rampung. Akan tetapi proses lelang tersebut menurutnya akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan, menyesuaikan budget anggaran yang dialokasikan.

"(Target lelang 2025) itu ada gedung DPR, kompleks yudikatif. Legislatif dulu yang pertama (kita lelang), kedua yudikatif, kita ingin semua berjalan, tapi semua kan kita menyesuaikan budget juga," ucapnya.

Topik Menarik