Penerbangan Haji 2024 Banyak Delay, Dirut Garuda Indonesia Minta Maaf

Penerbangan Haji 2024 Banyak Delay, Dirut Garuda Indonesia Minta Maaf

Ekonomi | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 21:47
share

JAKARTA, iNews.id - Maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk mencatat setidaknya ada 21 persen penerbangan haji yang mengalami keterlambatan atau delay. Di hadapan Komisi VI DPR, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan tersebut.

"Kami memohon maaf atas banyaknya delay yang di luar kemampuan kami, memohon maaf kepada seluruh jemaah dan seluruh stakeholder," ucap Irfan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (3/7/2024).

"Ini adalah tanggung jawab manajemen, khususnya saya pribadi sebagai Direktur Utama yang harus mengambil alih seluruh tanggung jawab delay-delay tersebut," tuturnya.

Irfan menjelaskan, penyebab delay antara lain karena adanya kekurangan pada aspek operasional dan juga aspek teknis. Adapun penyebab aspek operasional sendiri sebesar 86 persen dan aspek teknis 14 persen.

"Aspek teknis itu purely terkait dengan kerusakan pesawat sementara yang lainnya aspek operasional baik penumpang terlambat, maupun ATC tidak memberi izin untuk bisa terbang karena penuh, dan segala macam," ucapnya.

Untuk diketahui, Irfan menyebut bahwa total ada 292 penerbangan haji dari 9 embarkasi. Untuk penerbangan yang tepat waktu persentasenya 32 persen, sementara keberangkatan advance atau yang lebih awal berada di angka 47 persen.

Topik Menarik