Ratusan Peserta Ikuti Archery Competition, Jaring Talenta Atlet Panahan Usia Muda

Ratusan Peserta Ikuti Archery Competition, Jaring Talenta Atlet Panahan Usia Muda

Olahraga | bogor.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 14:20
share

BANDUNG, iNewsBogor.id - Alpha Sport Industries menggelar Archery Competition atau kompetisi panahan yang dilaksanakan di SMP 8 Muhammadiyah Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/9/2024).

Ketua Pelaksana Archery Competition Aditya Rukanda Suhendar saat dihubungi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 28 hingga 29 September,  melombakan dua kategori yaitu Recurve dan Barebow.

Selain itu kata Aditya, Persatuan Panahan Indonesia Kota Bandung mengapresiasi kepada panitia telah melibatkan wasit senior Kota Bandung untuk ajang kompetisi ini.

"Dua kategori tersebut masing-masing mengelompokkan pertandingan bagi putra-putri under 19 tahun, under 12 tahun, under 15 tahun dan Umum, total peserta sebanyak 721," ujarnya.


Atlet peserta kompetisi Panahan tengah mengamati bantalan target busur panah usai bertanding. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

 

Aditya menambahkan kegiatan ini bersifat terbuka artinya seluruh daerah boleh mengikuti kompetisi ini. Berdasarkan data panitia, peserta bukan hanya berasal dari Kota Bandung tetapi juga daerah lain seperti Bogor, Jakarta, Depok, Yogyakarta hingga Medan.

 

"Untuk hadiah atau medali kita memberikan berbagai apresiasi agar para peserta bisa merasakan kompetisi ini mulai dari medali juara bantalan, juara Kualifikasi, juara eleminasi hingga juara beregu putra dan putri", katanya.

Aditya mengatakan Kompetisi ini jadi ajang menjaring bibit muda. Diharapkan bisa menjadi atlet-atlet panahan yang bisa mewakili daerah mereka masing-masing.

Pelatih Olah Raga Ahli Muda, Subkoordinator Olahraga Pendidikan, Dispora Kota Bandung Acep Wahyu Ramdan mengatakan kegiatan ini sangat membantu Dinas Pemuda dan Olahraga untuk membina dan mencari bibit-bibit unggul panahan di Kota Bandung.

"Sangat membantu Dispora untuk mencari bibit atlet panahan, apalagi ini kompetisi pelajar yang suatu saat akan mengikuti kejuaraan nasional seperti Porprov dan PON," katanya.


Juri tengah mengamati bantalan target busur panah para atlet peserta kompetisi panahan. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

 

Acep juga mengapresiasi kompetisi panahan ini diikuti bukan hanya di Kota Bandung saja tetapi juga daerah-daerah lain di Jawa Barat. Sehingga bisa melihat daerah mana saja yang dominan memiliki prestasi di bidang olahraga panahan.

Topik Menarik