Ada 3 Calon Pemain Naturalisasi Baru di Timnas Indonesia U-20, Salah Satunya Kaya Symons

Ada 3 Calon Pemain Naturalisasi Baru di Timnas Indonesia U-20, Salah Satunya Kaya Symons

Olahraga | inews | Senin, 30 September 2024 - 17:02
share

JAKARTA, iNews.id - Ada tiga calon pemain naturalisasi baru di Timnas Indonesia U-20. Mereka diharapkan bisa membuat Garuda Nusantara beringas di Piala Asia U-20 2025. 

Timnas Indonesia U-20 baru saja mengunci tiket putaran final Piala Asia U-20 2025 yang akan berlangsung di China pada Februari tahun depan. Kepastian itu didapat setelah Jens Raven dan kolega jadi juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Meningkatnya level kompetisi yang akan dimainkan, tentu dibutuhkan juga tambahan amunisi pemain berkualitas. Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri sepakat akan hal itu. Menurutnya, Garuda Nusantara membutuhkan pemain yang berkualitas, entah itu pemain keturunan atau bukan.

“Mungkin tepatnya kita butuh pemain yang lebih berkualitas, apakah dia keturunan atau bukan,” kata Indra Sjafri dalam konferensi pers usai laga melawan Yaman U-20 pada Minggu (29/9/2024). 

Juru taktik asal Sumatera Barat itu mengilas balik saat Garuda Nusantara beraksi di Toulon Cup 2024. Saat itu, dirinya memanggil lima pemain keturunan untuk bergabung, yakni Jens Raven, Mauresmo Hinoke, Dion Markx, Tim Gepens, dan Sem Yvel.

Dari lima nama itu, Indra Sjafri mengajukan tiga nama untuk dinaturalisasi. Mereka adalah Tim Geypens, Dion Markx, dan Mauresmo Hinoke. Walaupun untuk Mauresmo Hinoke, dilaporkan prosesnya akan sulit karena garis keturunan yang sudah terlalu jauh.

“Setelah Toulon Cup, ada lima pemain keturunan yang kita rekomendasikan untuk bisa pergantian kewarganegaraan. Tapi kita ajukan tiga, ada Tim (Geypens), Dion (Markx), dan Mauresmo (Hinoke),” terang Indra Sjafri.

Namun selain nama yang sudah diajukan itu, Indra Sjafri juga membawa kabar positif. Dia mendapatkan informasi kalau Kaya Symons juga ikut tertarik gabung Timnas Indonesia U-20. Namun untuk prosesnya, dia menyerahkan ke PSSI.

“Kemarin saya bicara dengan teman di Belanda, (Kaya) Symons memberi sinyal untuk bergabung. Tapi tentu PSSI akan menindaklanjuti secara administrasi dan mudah-mudahan apa yang kita sudah ajukan bisa cepat terealisasi,” ungkap Indra Sjafri.

Kaya Symons merupakan pemain berusia 19 tahun yang berposisi sebagai fullback. Menilik data dari Transfermarkt, Kaya Symons telah mencatatkan tiga penampilan di semua kompetisi bersama Graafschap U-21. Jika dia hadir, tentu akan membuat lini pertahanan Garuda Nusantara makin kuat.

Topik Menarik