Menko Polhukam: Tokoh Adat dan Masyarakat Turut dalam Negosiasi Pembebasan Philip Mark 

Menko Polhukam: Tokoh Adat dan Masyarakat Turut dalam Negosiasi Pembebasan Philip Mark 

Berita Utama | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 02:00
share

JAKARTA, iNews.id - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyebut proses negosiasi pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens sangat panjang. Pembebasan tersebut merupakan hasil kerja Satgas Operasi Damai Cartenz 2024.

"Tentunya proses pembebasan ini hasil kerja keras kita bersama dan kita patut bersyukur bahwa pilot saat ini sudah kita serahkan kepada Dubes Selandia Baru Pak Kevin," kata Hadi di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/9/2024) malam. 

Menurut Hadi, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 terus memantau perkembangan kondisi Philip sejak awal disandera KKB Papua. Petugas TNI-Polri membebaskan sandera dengan pendekatan soft approach.

"Proses negosiasi ketelibatan tokoh adat, tokoh masyarakat dan ketelibatan gereja semuanya sangat mempengaruhi proses pembebasan ini," katanya.

Hadi Tjahjanto menyerahkan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens ke Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett. Saat ini Philip Mark menjadi tanggung jawab pemerintah Selandia Baru.

Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak termasuk TNI-Polri dalam proses pembebasan Philip. Mereka membebaskan sandera tanpa korban jiwa.

"Saya ingin mengucapkan apresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam operasi pembebasan sandera ini," katanya.

Topik Menarik