Viral di Medsos Oknum Pekerja Migran Indonesia di Jepang Diduga Bikin Gaduh, Warga Osaka Desak Deportasi! 

Viral di Medsos Oknum Pekerja Migran Indonesia di Jepang Diduga Bikin Gaduh, Warga Osaka Desak Deportasi! 

Berita Utama | inews | Minggu, 1 September 2024 - 09:45
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial oknum pekerja migran Indonesia (PMI) diduga membuat warga lokal Jepang resah. Pasalnya, mereka diduga membuat geng dan kerap berkeliaran di jalan-jalan.

Informasi ini pertama kali dibagikan oleh akun X @minako_satou. Di cuitannya, dia memberitahu kalau ada oknum PMI di Jepang yang membuat resah warga lokal Jepang.

"Beberapa oknum PMI di Jepang bikin resah dengan bikin geng, ganggu ketertiban, dan bikin orang susah lewat," kata akun tersebut, dikutip iNews.id, Minggu (1/9/2024).

Di cuitan yang sama, akun itu juga mengingatkan kepada semua orang Indonesia yang tinggal di luar negeri agar tidak melakukan hal serupa. Sebab, bisa merusak 'image' Indonesia yang dikenal dunia sebagai negara yang sopan dan ramah.

"Hal memalukan kayak gini jangan dibawa ke negara orang. Kasihan warga Indonesia lain yang patuh, jadi kena imbasnya," kata si netizen.

Cuitan ini menyedot atensi 6,1 juta netizen di X sejak dibagikan pada Jumat, 30 Agustus 2024. Aksi oknum PMI di Jepang ini bahkan sudah menjadi bahan bicaraan orang Jepang di Twitter.

PMI Diduga bikin gaduh di Jepang
Oknum PMI Diduga bikin gaduh di Jepang

Ya, tidak sedikit dari netizen Jepang yang menyayangkan adanya aksi tersebut, terlebih dilakukan oleh orang-orang Indonesia.

"Meskipun media Jepang belum meliputnya, masyarakat Indonesia membentuk geng di Jepang dan berkumpul dengan pisau dan memposting hal itu," kata netizen Jepang dengan nama akun X @Parsonalsecret.

Dia melanjutkan, "Mereka berkumpul dan memblokir orang yang lewat, bahkan mengancam orang-orang yang mengomentari aksi mereka. Ini akan menjadi masalah cepat atau lambat."

Si netizen pun mempertanyakan pihak polisi atas apa yang terjadi di Osaka itu. "Apakah polisi Osaka tahu akan aksi ini? Saya akan melaporkan kasus ini ke Polisi Osaka," ujarnya.

Selain memblokir jalanan dengan duduk-duduk bergerombol, oknum PMI di Jepang itu juga berkeliling kota dengan mengibarkan bendera yang tidak jelas terafiliasi pada kelompok apa. Di salah satu video, ada juga pria mengacungkan senjata tajam.

Curhatan warga lokal Jepang itu atas keresahan dia mengetahui adanya geng tersebut pun mendapat atensi besar di X. Lebih dari 5 juta netizen menyoroti curhatan tersebut.

Netizen Jepang lainnya pun ikut berkomentar atas kejadian ini.

"Ini sangat salah. Ketertiban umum semakin buruk. Saya berharap ada Yakuza muncul membersihkan orang-orang seperti ini," kata akun @100***.

"Jika kita (warga Jepang) tidak melakukan tindakan tegas terhadap aksi brutal seperti ini, maka situasi Jepang akan terus memburuk," ujar @nats***.

"Saya tinggal di Osaka dan saya khawatir dengan kemunculan geng ini. Saya mempertanyakan identitas mereka, apakah mereka ini penyusup? Apakah mereka masuk Jepang secara ilegal? Saya ingin tahu itu. Mereka telah mencemari Jepang yang indah ini dan sama sekali tidak menghormati tradisi budaya negara kita. Mereka harus dipulangkan!" ungkap @2JH***.

Topik Menarik