Respons Menlu Retno Marsudi usai Ditunjuk PBB Jadi Utusan Khusus Isu Air

Respons Menlu Retno Marsudi usai Ditunjuk PBB Jadi Utusan Khusus Isu Air

Berita Utama | inews | Minggu, 15 September 2024 - 02:45
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menanggapi penunjukan sebagai Utusan Khusus PBB untuk Isu Air Dunia. Dia mengaku terhormat langsung ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

"Kehormatan bagi saya & Indonesia ditunjuk oleh Sekjen PBB @antonioguterres sebagai Special Envoy of the UN Secretary-General on Water/Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Isu Air. Penunjukkan Utsus Sekjen PBB untuk Isu Air ini baru pertama kali dilakukan," kata Retno dalam laman Instagram @retno_marsudi dikutip, Sabtu (14/9/2024).

"Dan untuk pertama kalinya juga orang Indonesia mendapat kepercayaan menjadi Utusan Khusus Sekjen PBB," tambahnya.

Retno akan mulai bekerja sebagai Utusan Khusus PBB pada 1 November 2024 usai tidak menjabat Menlu RI. Dia meminta doa restu atas tugas barunya.

"Saya akan secara resmi mulai bekerja pada 1 November 2024 setelah tanggung jawab sebagai Menlu RI selesai. Bismillah & mohon doa restu," katanya.

Diketahui, Utusan Khusus untuk Isu Air Dunia bertugas sebagai pejuang dan advokat tingkat tinggi dalam isu air dan sanitasi, mengangkat isu air sebagai agenda politik utama di dalam dan luar PBB. Lalu mempertemukan para pemangku kepentingan dari berbagai kalangan, memperkuat kerja sistem PBB, dan memobilisasi tindakan dan sumber daya keuangan untuk mengatasi krisis air global.

Mewakili Sekjen PBB dalam proses air global, Retno juga akan bekerja sama dengan UN-WATER dan para anggotanya untuk mendukung implementasi Strategi Sistem PBB tentang Air dan Sanitasi di semua tingkatan, sejalan dengan Kerangka Akselerator Global SDG 6.

Topik Menarik