Hari Ini, Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN

Hari Ini, Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN

Berita Utama | okezone | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 06:05
share

JAKARTA - Kirab bendera Merah Putih dari Monuman Nasional ke Ibu Kota Nusantara (IKN) digelar hari ini, Sabtu (10/8/2024). Bendera Merah Putih ini akan dikirab dari Monumen Nasional (Monas) menuju Halim Perdana Kusuma dan setelahnya sang saka Merah Putih akan diterbangkan langsung ke IKN jelang upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 nanti.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan kirab bendera Merah Putih ini akan dilangsungkan pada pukul 08.00 WIB.

Sabtu, 10 Agustus 2024, pukul 08.00 WIB akan dilaksanakan kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monumen Nasional, Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, ungkap Yusuf dalam keterangan resminya.

Prosesi kirab akan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka.

Yusuf juga mengatakan, kirab bendera Merah Putih dari Monas menuju IKN ini merupakan pertama dalam sejarah. Prosesi ini juga merupakan tanda penghormatan bangsa Indonesia dan akan terus menjaga persatuannya.

Prosesi ini merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi dikirab ke IKN. Prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, papar Yusuf.

Di tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka. Hal itu menandakan tahun ini prosesi kirabnya menjadi lebih panjang.

Kirab bendera Merah Putih ini nantinya akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma, lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang, tutur Yusuf.

Topik Menarik