5 Fakta Makam Afif Maulana Dibongkar, Tidak Berbau hingga 19 Bagian Tubuh Diperiksa

5 Fakta Makam Afif Maulana Dibongkar, Tidak Berbau hingga 19 Bagian Tubuh Diperiksa

Berita Utama | okezone | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 07:10
share

PADANG -Tim Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonenesia (PDFMI) membongkar makam Afif Maulana (13), di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kaum 5 Suku yang berlokasi di Tanah Sirah Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat. Jenazah Afif akan diautopsi untuk mengungkap ada atau tidaknya unsur penganiayaan atas kematiannya.

Berikut sejumlah faktanya:

1. Dijaga Ketat Kepolisian

Pantauan Okezone di Lokasi, Kamis (8/8/2024), ekshumasi dijaga ketat kepolisian dengan memasang police line di sekeliling kuburan dengan radius sekira 30 meter. Warga memadati jalan raya yang melewati TPU tersebut.

2. Dihadiri Keluarga

Sementara sekitar kuburan Afif sudah ditutupi dengan kain warna krem setinggi dua meter. Keluarga besar Afif Maulana sendiri berada didekat kuburan yang digali atau dalam lingkaran police line.

3. Jadwal Ekhumasi

Sesuai jadwal yang diberikan kepolisian sendiri tim ekshumasi berangkat ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Afif Maulana pukul 07.00 WIB.

Kemudian pukul 08.00 hingga 09.00 WIB, tim melaksanakan penggaliankubur Afif Maulana. Setelah digali jasad Afif Maulana dibawa ke Instalasi Forensik RSUP dr M Djamil Padang.

4. Tidak Ada Aroma Busuk

Pihak keluarga mengatakan bahwa jenazahAfif Maulana(13) tidak mengeluarkan aroma busuk saat ekshumasi dilakukan oleh tim dokter forensik. Hal itu diutarakan ibu almarhum Afif Maulana, Anggun Angriani, saat menunggu autopsi di RSUP M. Djamil Padang, Kamis (8/8/2024).

"Mayatnya enggak berbau, aroma yang terciun hanya aroma tanah. Mungkin lebih busuk bangkai tikus," ujarnya.

Hal itu dibenarkan oleh nenek Afif Maulana Ernelis (53) yang ikut menyaksikan pembongkaran kuburan Afif Maulana. "Ya, tidak ada aroma jenazah, saya memang tidak masuk ke dalam, tapi biasanya kan mengeluarkan aroma mayat," katanya.

5. Periksa 19 Sampel Bagian Tubuh

Tim PDFMIyang melakukan ekshumasi dan autopsi ulang pada jasad Afif Maulana sudah mengambil 19 sampel bagian tubuh untuk diperiksa di tiga laboratorium.

Saat ini kami mengumpulkan 19 sampel, terdiri dari 3 sampel jaringan keras yaitu tulang dan 16 sampel jaringan lunak, ini akan kita lanjutkan untuk pemeriksaan histopatologi forensik dan pemeriksaan diatom atau gangga, kata Ketua tim forensik, Ade Firmansyah di RSUP M. Djamil Padang, Kamis (8/8/2024)

Sampel tersebut, kata Ade, akan dilakukan pemeriksaan histopatologi forensik, itu akan dikirim ke laboratoratorium FK UI RSCM, untuk pemeriksaan diatom ada dua tempat, ini menjadi pertimbangan yaitu di Puslabfor Mabes Polri dan Laboratorium Forensik Universitas Airlangga.

Kami memilih tiga tempat tersebut karena tempat-tempat yang kami yakini mampu menangani sampel demikian sehingga akhirnya memberikan hasil yang valid, ujarnya.

Topik Menarik