Profil Rizki Juniansyah, sang Peraih Medali Emas bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Cabang Olahraga Angkat Besi

Profil Rizki Juniansyah, sang Peraih Medali Emas bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Cabang Olahraga Angkat Besi

Berita Utama | okezone | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 04:00
share

PROFIL Rizki Juniansyah akan diulas dalam artikel ini. Rizki Juniansyah merupakan sang peraih medali emas bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga angkat besi.

Ya, prestasi manis diukir lifter muda Indonesia, Rizki Juniansyah, di Olimpiade Paris 2024. Dia mempersembahkan medali emas kedua untuk Indonesia usai tampil apik di cabor angkat besi

Rizki Juniansyah tampil apik di cabang olahraga (cabor) angkat besi nomor 73 kg putra di Olimpiade Paris 2024. Pertandingan itu berlangsung di South Paris Arena 6, Paris, Prancis, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB. Ia memastikan medali emas setelah meraih total angkatan 354 kg.

 

 

Pada angkatan snatch, Rizki berhasil mengangkat beban seberat 155 kg. Sedangkan di angkatan clean & jerk ia mencatatkan 199 kg.

Pencapaian ini membuat Rizki mengukir sejarah baru. Dia menjadi lifter pertama Indonesia yang meraih medali emas di Olimpiade. Fantastisnya lagi, pencapaian ini diraihnya dalam penampilan debutnya di Olimpiade.

Profil Rizki Juniansyah

Kini, menarik mengetahui lebih mendalam soal sosok Rizki Juniansyah. Dia diketahui berhasil memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024 usai menjuarai ajang IWF World Cup 2024 yang berlangsung di Phuket, Thailand, pada 4 April 2024.

Di ajang itu, Rizki tak hanya menggondol gelar juara, tetapi juga mencetak rekor. Lifter kelahiran Banten, Indonesia, 17 Juni 2003 itu merupakan pemegang rekor dunia di angkatan kelas 73 kg.

Rizki total bisa mencatatkan Angkatan seberat 365 kg di IWF World Cup 2024. Saat itu, Rizki Juniansyah mengangkat beban di angka 164 kg (snatch) dan 201 (clean and jerk).

Catatan 164 kg di snatch tidak pernah diprediksi sebelumnya. Sebab, rekor terbaik Rizki Juniansyah sebelumnya hanya 156 kg.

Pencapaian ini membuat catatan prestasi Rizki makin panjang. Sebelumnya, dia bia meraih medali emas di SEA Games 2023 pada kelas 73 kg, lalu meraih gelar juara di Junior World Championships selama dua musim beruntun, yakni pada 2021 dan 2022.

Kini, Rizki menambah pencapaian manis dalam kariernya. Dia berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Pencapaian ini juga membawanya mengukir sejarah karena jadi lifter pertama yang meraih medali emas di Olimpiade.

Sebelumnya, tidak ada satu pun lifter dari Indonesia yang mampu meraih medali emas di Olimpiade. Pencapaian terbaik hanya didapat Eko Yuli Irawan, Raema Lisa Rumbewas, Triyatno, dan Citra Febrianti dengan medali perak.

Topik Menarik