Kisah Simon McMenemy yang Pernah Pesimistis Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Thailand, tetapi Dibalikkan Shin Tae-yong

Kisah Simon McMenemy yang Pernah Pesimistis Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Thailand, tetapi Dibalikkan Shin Tae-yong

Berita Utama | okezone | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 03:15
share

KISAH Simon McMenemy yang pernaah pesimistis Timnas Indonesia bisa kalahkan Thailand menarik diulas. Tetapi, pandangan eks pelatih Timnas Indonesia itu berhasil ditepis mentah-mentah oleh juru taktik skuad Garuda saat ini, Shin Tae-yong.

Ya, Simon McMenemy pernah mengemban jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia. Tetapi, dia hanya melatih skuad Garuda selama 10 bulan.

 

Simon McMenemy memang mencatatkan rapor yang kurang apik selama menjadi pelatih Timnas Indonesia. Dari lima laga yang dijalani, Timnas Indonesia hanya meraih dua kali kemenangan.

 

Kemenangan yang didapat skuad Garuda di bawah asuhan Simon McMenemy pun didapat kala menghadapi tim lemah dalam laga uji coba. Kemenangan perdana didapat saat melawan Myanmar dengan skor 2-0, lalu melawan Vanuatu dengan skor 6-0.

Sisanya, saat menghadapi tim-tim kuat, termasuk Timnas Thailand, skuad Garuda babak belur. Kekalahan Timnas Indonesia dengan skor 0-3 saat melawan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia pada 10 September 2019 jadi laga terakhir McMenemy dalam melatih Timnas Indonesia.

Usai Timnas Indonesia kalah dari Thailand, McMenemy pun mengeluarkan pernyataan unik. Eks pelatih Timnas Filipina itu mengatakan ekspektasi suporter Timnas Indonesia untuk melihat skuad Garuda menumbangkan Thailand merupakan hal yang tidak realistis.

“Suporter punya ekspektasi besar agar Indonesia mengalahkan Thailand, tapi ekspektasi suporter tidak realistis,” kata Simon McMenemy setelah Timnas Indonesia kalah 0-3 dari Thailand.

Topik Menarik