Nah, Iron Dome Israel Tak Mampu Cegat Serangan Drone dan Rudal Iran

Nah, Iron Dome Israel Tak Mampu Cegat Serangan Drone dan Rudal Iran

Berita Utama | inews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 18:26
share

MOSKOW, iNews.id - Surat kabar Amerika Serikat (AS) Wall Street Journal (WSJ) mengungkap, sistem pertahanan Iron Dome tak akan bisa melindungi warga Israel dari serangan beberapa drone dan rudal Iran.

Disebutkan, Iron Dome mungkin bisa menembak jatuh roket-roket Hamas yang ditembakkan dari Jalur Gaza, tapi belum tentu bisa mencegat senjata Iran maupun kelompok Hizbullah Lebanon.

Oleh karena itu Israel bersama sekutunya, Amerika Serikat (AS), menyiapkan sistem pertahanan udara yang lebih besar untuk menangkal serangan Iran.

Bukan hanya itu, WSJ juga melaporkan, pembangunan sistem pertahanan baru melibatkan Angkatan Udara AS dan beberapa negara lain serta sistem radar dari negara-negara tetangga. Semuanya bekerja di bawah koordinasi Komando Pusat AS.

Iran bersiap menyerang Israel sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada 31 Juli lalu. Bahkan para pejabat AS, termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada akhir pekan lalu mengatakan, serangan Iran bisa saja berlangsung pada Senin awal pekan ini meski tak terjadi.

Pejabat Iran sebelumnya mengatakan serangan akan dilakukan pada waktu, tempat, dan momen yang sesuai tanpa memberikan alasan rinci.

Para pakar menilai Iran bisa saja menyerang Israel menggunakan cara yang sama dengan saat pertengahan April lalu. Saat itu Iran meluncurkan lebih dari 200 drone dan rudal ke Israel sebagai pembalasan atas serangan terhadap kantor misi dilomatiknya di Damaskus, Suriah, pada 1 April.

Iran menegaskan serangan tersebut tak bertujuan untuk menghancurkan, melainkan sebatas peringatan untuk Israel. Sebagian drone Iran dijatuhkan oleh militer AS, Inggris, serta Yordania.

Topik Menarik