Hobi Jalan-Jalan! Begini Cara Dapat Angle Menarik Fotografi, Perhatikan Konsep dan Referensi

Hobi Jalan-Jalan! Begini Cara Dapat Angle Menarik Fotografi, Perhatikan Konsep dan Referensi

Berita Utama | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 00:30
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar fotografi tentu memiliki hobi untuk jalan-jalan atau berburu tempat menarik. Persoalan fotografi bukan hanya jepretan atau selfie sesekali tapi ada peristiwa besar dalam hidup, seperti bayi baru lahir, pernikahan, atau ulang tahun khusus.

Ketika melakukan perjalanan wisata sangat disayangkan jika tidak mengabadikan objek wisata atau kuliner. Maka itu, Anda harus belajar beberapa cara untuk mendapatkan angle menarik.

"Pikirkan secara matang konsep foto yang akan diambil lebih bagus lagi cari referensi yang sudah ada sesuai dengan tema yang akan diterapkan," kata Ambo Farhan Anwari, fotografer asal Yogyakarta, dikutip Kamis (4/7/2024).

Farhan mengatakan, ada beberapa tantangan dalam fotografi, terutama saat memotret orang yang belum terbiasa di depan kamera. Ini akan menjadi tantangan untuk mendapatkan hasil yang bagus.

"Tantangan fotografi pasti ada, model yang rata-rata saya temui belum terbiasa di depan kamera jadi saya harus lebih ekstra memberikan pose yang sesuai dengan tema yang dia mau," kata pria yang pernah meraih achievement best video di Indonesia Student Youth Forum pada 2019.

Farhan juga membagikan pengalaman yang paling berkesan ketika dipercaya membuat video rekap di event Jejepangan terbaik di Yogyakarta. Dia sebelumnya hanya sebagai pengunjung sekarang dipercaya sebagai tim after movie dan juga dipercaya oleh beberapa band di Yogyakarta untuk membuat video klip.

Selain memiliki hobi fotografi, Farhan juga menyukai videografi. Kesukaannya dengan videografi berawal karena melihat video parodi. "Saya melihat video parodi yang video aslinya berada di pojok bawah sehingga saya mencari tahu bagaimana cara meletakkan video tersebut, saya mulai dengan windows movie maker namun tidak maksimal. Akhirnya saya menonton tutorial adobe premiere pro dari Agung Hapsah. Mulai dari situ saya mendalami editing video," kata dia.

"Awalnya saya tertarik dengan dunia fotografi dan videografi karena iseng meminjam kamera teman waktu SMP, sejak saat itu saya mulai belajar lebih dalam tentang fotografi," katanya.

Penasaran, bagaimana cara mendapatkan angle menarik bagi penggemar fotografi yang suka jalan-jalan? Berikut ulasannya.

1. Riset Lokasi

Ketahui spot-spot terbaik dan waktu terbaik untuk memotret. Lihat foto-foto dari fotografer lain untuk mendapatkan inspirasi dan informasi tentang sudut pengambilan gambar yang bagus.

2. Datang Pagi atau Sore Hari

Hindari keramaian dengan datang saat pagi hari atau menjelang sore. Cahaya pada golden hour (pagi dan sore hari) biasanya lebih lembut dan memberikan nuansa yang dramatis.

3. Komposisi yang Menarik

Gunakan aturan sepertiga dan leading lines untuk menambah daya tarik visual. Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai sudut dan perspektif, seperti dari bawah atau atas.

4. Gunakan Manusia sebagai Skala

Memasukkan orang dalam foto bisa memberikan skala dan perspektif yang lebih jelas tentang ukuran objek wisata. Selain mengambil foto keseluruhan objek, ambil juga foto detail yang menarik seperti ukiran, tekstur, atau elemen dekoratif.

5. Pahami Aturan Lokal

Beberapa lokasi wisata mungkin memiliki aturan khusus terkait fotografi. Pastikan untuk menghormati aturan ini. Selain itu, lakukan pengeditan foto dengan bijak. Gunakan software editing untuk memperbaiki pencahayaan, kontras, dan warna. Namun, jangan terlalu berlebihan agar foto tetap terlihat alami.

6. Jangan Lupakan Langit

Langit yang dramatis bisa menambah daya tarik foto. Gunakan filter polarizer untuk memperkuat warna langit dan mengurangi refleksi. Nikmati prosesnya. Jangan terlalu fokus pada hasil foto sehingga Anda melupakan untuk menikmati keindahan dan pengalaman di tempat tersebut.

Itulah seputar tips untuk mendapatkan angle menarik bagi penggemar fotografi saat jalan-jalan. Selamat mencoba!

Topik Menarik