Jalur Prestasi UGM 2024 Dibuka hingga 12 Juni, Berapa UKTnya?

Jalur Prestasi UGM 2024 Dibuka hingga 12 Juni, Berapa UKTnya?

Berita Utama | sindonews | Selasa, 4 Juni 2024 - 10:15
share

UGM membuka penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi atau yang dikenal dengan Penelusuran Bibit Unggul (PBU) hingga 12 Juni 2024. Berikut ini persyaratannya.

Penelusuran Bibit Unggul (PBU) Universitas Gadjah Mada (UGM) dibagi menjadi tiga kategori. Yaitu Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), dan Penelusuran Bibit Unggul Afirmasi dan Daerah 3T Tridharma.

Prestasi yang Diakui di Jalur PBUB

Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM Hempri Suyatna mengatakan, ragam prestasi yang diakui di jalur PBUB seperti di bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Level kejuarannya bisa provinsi, nasional, kejuaraan yang diselenggarakan langsung oleh UGM, hingga tingkat kejuaraan internasional yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam kejuaraan.

Siswa yang ingin mendaftar jalur PBU adalah peserta yang sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan atau satu tahun terakhir, serta berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli pada tahun berjalan.

UGM memberi kesempatan calon mahasiswa memilih maksimal dua jurusan dari 93 program studi jenjang Sarjana (S1) maupun Prodi Sarjana Terapan (D4).

Seluruh klaster meliputi soshum, agro, medika, dan saintek dapat dipilih oleh pendaftar, terangnya, dikutip dari laman UGM, Selasa (4/6/2024).

PBUTM Bisa untuk KIP Kuliah

Sementara Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM Sigit Priyanta menjelaskan, PBUTM diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang mengalami kendala ekonomi namun memiliki kemampuan akademik tinggi.

Kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan di jalur PBUTM UGM 2024 ini seperti pemegang atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang terdata pada Data Terpadi Kesejahtetaan Sosial (DTKS).

Calon pendaftar juga harus melampirkan pendapatan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya maksimal Rp 4 juta per bulan, pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750 ribu per bulan, serta pendidikan orang tua/wali penanggung biaya maksimal S1 atau D4.

PBU Wilayah Afirmasi dan 3T

PBU Wilayah Afirmasi dan 3T merupakan jalur bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari Daerah Afirmasi dan Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang menjadi wilayah kegiatan Tridharma UGM.

Siswa yang boleh mendaftar di jalur ini berasal dari wilayah yang selama ini menjadi lokasi kegiatan pendidikan, riset dan pengabdian para sivitas akademika UGM, ujarnya.

Untuk Wilayah yang termasuk dalam kategori afirmasi dan 3T ini juga harus sudah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Rektor, jelasnya, dikutip dari laman UGM.

Link Pendaftaran

Prosedur dari pendaftaran jalur PBU yaitu melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran untuk membuat akun pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran secara online yang sudah dibuka sejak tanggal 21 Mei hingga 12 Juni.

Setelah menyelesaikan seluruh prosedur yang ada, pendaftar yang lulus seleksi administrasi PBUB akan mengikuti tes keterampilan pada 3 dan 4 Juli 2024. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan dipublikasikan pada tanggal 9 Juli 2024.

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Mengenai UKT yang berlaku di jalur ini, UGM belum memberikan informasi lebih lanjut sebab hal ini terkait dengan pembatalan kenaikan UKT yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim beberapa waktu lalu.

Surat edaran Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek meminta rektor PTN dan PTN Badan Hukum (PTN BH) untuk mengajukan kembali tarif UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) hingga 5 Juni 2024.

Topik Menarik