Menko Polhukam Usul Bakamla Jadi Coast Guard Indonesia 

Menko Polhukam Usul Bakamla Jadi Coast Guard Indonesia 

Berita Utama | inews | Senin, 3 Juni 2024 - 01:15
share

JAKARTA, iNews.id - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengusulkan Badan Keamanan Laut (Bakamla) menjadi Coast Guard. Hal ini berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak tahun 2024 lalu.

Menugaskan Menko Polhukam untuk melakukan harmonisasi regulasinya, agar Bakamla menjadi Indonesia Coast Guard, ujar Hadi Tjahjanto dalam rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Hadi juga menyampaikan saat ini terdapat beberapa tindak pidana di wilayah yurisdiksi yang terkendala dalam penegakan hukumnya.

Permasalahan ini karena beberapa penyidik kementerian/lembaga tidak memiliki aset patroli, antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Narkotika Nasional, dan Kementerian Hukum dan HAM.

Perlu dipertimbangkan apakah badan baru ini dapat diberikan kewenangan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu lainnya, selain tindak pidana di bidang pelayaran," ujar Hadi.

Mantan Panglima TNI ini mengatakan pandangan pemerintah untuk menentukan arah dan kebijakan lebih efektif dalam bidang keamanan, keselamatan, serta penegakan hukum di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Hal itu meliputi pengintegrasian data dan informasi kementerian/lembaga yang melaksanakan tugas dan fungsi keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di laut, dilengkapi dengan infrastruktur teknologi informasi sebagai rujukan tunggal (single point of truth).

Apabila ditemukan kesenjangan antara kebutuhan dan kondisi saat ini, maka diperlukan perumusan kebijakan untuk menutup kesenjangan tersebut, misalnya penambahan aset, personel, atau penguatan kelembagaan," katanya.

Topik Menarik