Siap Bersaing dengan Ahmadinejad, Ketua Parlemen Iran Daftar Pemilu Presiden

Siap Bersaing dengan Ahmadinejad, Ketua Parlemen Iran Daftar Pemilu Presiden

Berita Utama | sindonews | Senin, 3 Juni 2024 - 00:15
share

Ketua parlemen garis keras Iran Mohammad Bagher Qalibaf pada Senin (3/6/2024) mendaftar untuk mengikuti pemilihan presiden pada 28 Juni. Dia mendaftar pada hari terakhir bagi para calon presiden untuk mengikuti pencalonan. Dia juga akan bersaing dengan Mahmoud Ahmadinejad, mantan presiden Iran yang sangat populer.

Masuknya Mohammad Bagher Qalibaf membawa kandidat terkemuka yang memiliki hubungan dekat dengan paramiliter Garda Revolusi negara itu dalam pemungutan suara untuk menggantikan Presiden Ebrahim Raisi, yang tewas dalam kecelakaan helikopter bersama tujuh orang lainnya pada 19 Mei.

Pemilu ini diadakan pada saat ketegangan meningkat antara Iran dan Barat mengenai program nuklir Teheran yang berkembang pesat, mempersenjatai Rusia dalam perang melawan Ukraina, dan tindakan kerasnya terhadap perbedaan pendapat. Sementara itu, dukungan Iran terhadap pasukan proksi milisi di seluruh Timur Tengah semakin terfokus ketika pemberontak Houthi Yaman menyerang kapal-kapal di Laut Merah akibat perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Qalibaf, 62, awalnya menjadi pembicara menyusul serangkaian kegagalan dalam pencalonan presiden dan 12 tahun menjabat sebagai pemimpin ibu kota Iran, di mana ia membangun kereta bawah tanah Teheran dan mendukung pembangunan gedung-gedung tinggi modern. Dia baru-baru ini terpilih kembali sebagai pembicara.

Namun, banyak yang mengetahui Qalibaf atas dukungannya, sebagai seorang jenderal Garda Revolusi, dalam tindakan keras terhadap mahasiswa Iran pada tahun 1999. Ia juga dilaporkan memerintahkan tembakan langsung terhadap mahasiswa Iran pada tahun 2003 ketika menjabat sebagai kepala polisi negara tersebut.

Qalibaf gagal mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2005 dan 2013. Ia mengundurkan diri dari kampanye presiden tahun 2017.

Berbicara kepada wartawan setelah pendaftarannya, Qalibaf mengatakan dia akan melanjutkan jalur yang sama seperti Raisi dan mendiang Jenderal Garda Qassem Soleimani, seorang tokoh yang dihormati oleh banyak orang di Iran setelah pembunuhannya pada tahun 2020 dalam serangan pesawat tak berawak AS.

Qalibaf menegaskan dia tidak akan membiarkan salah urus lagi terjadi di negaranya dan menyebutkan kemiskinan dan tekanan harga mempengaruhi masyarakat Iran ketika negara tersebut terbebani oleh sanksi internasional.

Jika saya tidak mendaftar, pekerjaan yang telah kami mulai untuk menyelesaikan masalah ekonomi rakyat di pemerintahan populer (Raisi) dan parlemen revolusioner, dan sekarang sedang membuahkan hasil, akan tetap belum selesai, kata Qalibaf.

Namun, masih belum jelas apa sebenarnya rencana tersebut karena mata uang rial Iran kembali mendekati 600.000 terhadap dolar. Mata uang tersebut diperdagangkan pada 32.000 rial terhadap dolar ketika Teheran menandatangani perjanjian nuklir tahun 2015 dengan negara-negara besar.

Parlemen Iran memainkan peran sekunder dalam mengatur negara, meskipun parlemen Iran dapat meningkatkan tekanan terhadap pemerintahan presidensial ketika memutuskan anggaran tahunan dan rancangan undang-undang penting lainnya. Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, 85, telah keputusan akhir dalam semua urusan penting negara.

Sebagai seorang pilot terlatih, Qalibaf bertugas di garda paramiliter selama perang berdarah tahun 1980an dengan Irak. Setelah konflik, ia menjabat sebagai kepala bagian konstruksi Garda, Khatam al-Anbia, dan selama beberapa tahun memimpin upaya untuk membangun kembali

Qalibaf kemudian menjabat sebagai kepala angkatan udara Garda Revolusi, di mana pada tahun 1999 ia ikut menandatangani surat kepada Presiden reformis Mohammad Khatami di tengah protes mahasiswa di Teheran atas penutupan surat kabar reformis oleh pemerintah dan tindakan keras pasukan keamanan yang menyusulnya. Surat tersebut memperingatkan Khatami bahwa Garda Revolusi akan mengambil tindakan secara sepihak kecuali dia setuju untuk menghentikan demonstrasi.

Kekerasan di sekitar protes menyebabkan beberapa orang terbunuh, ratusan terluka dan ribuan orang ditangkap.

Qalibaf kemudian menjabat sebagai kepala polisi Iran, memodernisasi pasukan dan menerapkan 110 nomor telepon darurat negara tersebut. Namun, bocoran rekaman pertemuan antara Qalibaf dan anggota pasukan relawan Basij Garda Revolusi memuat pernyataan Qalibaf yang memerintahkan penggunaan tembakan terhadap para demonstran pada tahun 2003, serta memuji kekerasan yang digunakan dalam protes Gerakan Hijau di Iran pada tahun 2009.

Di antara mereka yang sudah terdaftar adalah mantan Presiden garis keras Mahmoud Ahmadinejad, mantan ketua parlemen lainnya, Ali Larijani, dan mantan Kepala Bank Sentral Iran Abdolnasser Hemmati, yang juga mencalonkan diri pada tahun 2021.

Kandidat lain mungkin akan muncul. Penjabat presiden negara tersebut, Mohammad Mokhber, yang sebelumnya merupakan birokrat di belakang layar, bisa menjadi kandidat terdepan karena dia sudah terlihat bertemu dengan Khamenei. Yang juga dibahas sebagai calon calon adalah mantan reformis, Khatami.

Namun tampaknya teokrasi Syiah Iran tidak akan mengizinkan Ahmadinejad atau Khatami untuk mencalonkan diri. Dewan Wali yang beranggotakan 12 orang, sebuah panel ulama dan ahli hukum yang pada akhirnya diawasi oleh Khamenei, akan memutuskan daftar calon akhir. Panel tersebut tidak pernah menerima perempuan atau siapa pun yang menyerukan perubahan radikal dalam pemerintahan negara.

Topik Menarik