Bambang Angkat Bicara usai Mundur dari Kepala Otorita: Pembangunan IKN Perlu Kita Dukung Terus

Bambang Angkat Bicara usai Mundur dari Kepala Otorita: Pembangunan IKN Perlu Kita Dukung Terus

Berita Utama | inews | Rabu, 5 Juni 2024 - 02:45
share

JAKARTA, iNews.id - Bambang Susantono angkat bicara usai mundur dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia menegaskan pembangunan IKN perlu didukung semua pihak.

Bambang juga mengatakan IKN adalah simbol peradaban baru Indonesia pada 2045, dan cita-cita leluhur.

"Saya menyampaikan bahwa pembangunan IKN perlu terus bersama-sama kita dukung. IKN adalah simbol peradaban baru Indonesia pada 2045, dan cita-cita luhur tersebut harus tetap kita jaga dan terwujud," kata Bambang dalam akun Instagramnya, pada Selasa (4/6/2024).

Dia juga mengaku akan terus menyumbangkan tenaga, pemikiran dan keahliannya demi terwujudnya IKN sebagai kota hijau (green), cerdas (smart), tangguh (resilient), inklusif dan berkelanjutan (sustainable).

Dalam konsep pembangunan, IKN mengusung konsep Negara Rimba Nusa (sustainable forest city). IKN dinilai tidak hanya menjadi harapan Indonesia, melainkan juga harapan dunia untuk model kota masa depan.

"Konsistensi terhadap rencana tata ruang dan prinsip-prinsip ESG (environment, sosial and governance) akan terus dipantau oleh masyarakat Indonesia dan warga global," ucapnya.

Selain itu, Bambang juga menjelaskan tiga platfrom penting IKN yakni peta jalan perubahan iklim (locally determimed contribution for climate change), dan rencana pembangunan keanekaragaman hayati (biodiversity positive plan). Peta jalan sustainable development goals-SDG harus menjadi panglima dalam pembangunan pelaksanaan pembangunan di lapangan.

Terakhir, dia mengucapkan selamat kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Plt Wakil Kepala OIKN.

"Saya ucapkan selamat bertugas pada Menteri PUPR sebagai pelaksana tugas Kepala dan Wakil Menteri ATR/BPN sebagai pelaksana tugas Wakil Kepala Otorita IKN," pungkasnya.

Topik Menarik