Lulus Sekolah Orang Tua, 121 Ayah-Ibu di Kulonprogo Diwisuda

Lulus Sekolah Orang Tua, 121 Ayah-Ibu di Kulonprogo Diwisuda

Berita Utama | sleman.inews.id | Minggu, 2 Juni 2024 - 23:40
share

KULONPROGO, iNewssleman.id - Sebanyak 121 orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya di Yayasan Amal Insan Mulia (YAIM) Kulonprogo diwisuda. Mereka dinyatakan lulus setelah mengikuti rangkaian pendidikan Sekolah Orang Tua (SOT). 

Wisuda sekolah orang tua ini dilaksanakan di Aula Adikarta, Kompleks Pemkab Kulonprogo, Sabtu (1/6/2024). Mengusung tema Membangun Keluarga Kuat dan Bermartabat untuk Kemanfaatan Umat, ada dua kategori wisuda yakni, SOT Dasar dan SOT Keluarga Inspiratif. 

“Hari ini ada 82 orang wisudahwan SOT Dasar dan 39 wisudawan Keluarga Inspiraif,” kata Penanggung Jawab Sekolah Orang Tua YAIM, Sri Wahyuni.

SOT Dasar bersifat wajib bagi semua orang tua yang menyekolahkan anaknya di semua Lembaga Pendidikan YAIM. Ada lima pendidikan yang digelar yakni, TPA KB TKIT, MI, SDIT dan SMPIT Ibnu Masúd serta TPA KB TKIT Insan Mulia.

“Wisudawan ini telah menjalani seleksi dan dianggap mampu menjadi keluarga inspirasi bagi lingkungan sekitar,” ujarnya. 

Bagi wisudawan Keluarga Inspiratif selanjutnya akan masuk kelas Keluarga Teladan. Mereka akan sama-sama berlatih dan saling mendukung untuk menjadi nara sumber dalam SOT di tahun selanjutnya. 

“Mudah-mudahan akan lahir generasi emas dari keluarga yang mempunyai ketahanan yang kokoh,” ujarnya.  

 

Ketua Dewan Pembina Yayasan Amal Insan Mulia (YAIM) Wakidi mengatakan, SOT merupakan program rutin YAIM yang saat ini telah memasuki tahun ketiga. Seluruh orang tua diajak untuk lebih bisa memahami anak dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan untuk masa depan anak-anak mereka. 

“SOT ini berkaitan dengan peningkatan wawasan,  pendampingan terhadap putra putrinya, dan menguatkan peran sebagai orangtua, terutama pendampingan anak agar bisa berhasil dalam menjalani proses pendidikan," kata dia. 

Dalam satu tahun ajaran, ada delapan kali pertemuan sekolah orang tua. Mereka yang diwisuda minimal telah mengikuti enam kali pertemuan dan dinyatakan lulus program. 
 
Salah wisudawan Sukiman, mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan ini. Materi yang diberikan selama menjalani SOT sangat bermanfaat untuk mendidik anak. 

"Tidak hanya diajari cara mendidik anak, tetapi juga  mendampingi anak dalam memilih sekolah, pergaulan, minat,” kata dia. 

Kabid Paud Disdikpora Kulonprogo Taryono mengapresiasi kegiatan SOT ini. Hal ini dirasa penting untuk mewujudkan generasi emas. 

Topik Menarik