Menguji Dedolarisasi Skala Besar, China Manfaatkan Hubungan dengan Rusia

Menguji Dedolarisasi Skala Besar, China Manfaatkan Hubungan dengan Rusia

Berita Utama | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 13:15
share

Yuan Renminbi (RMB) semakin banyak digunakan dalam transaksi internasional oleh mitra dagang China, khususnya Rusia, setelah aset Kremlin sebagian besar dibekukan dari sistem keuangan global setelah invasinya ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Yuan tercatat menyumbang sekitar sepertiga dari perdagangan Rusia, pada Desember 2023.

"Hubungan China-Rusia memungkinkan China untuk benar-benar menguji dedolarisasi dalam skala besar," ucap Direktur Strategi Makro Global di perusahaan jasa keuangan StoneX Group Inc., Vincent Deluard seperti dilansir Newsweek.

Baca Juga: Menilik Awal Dedolarisasi: Langkah Bertahap China Buang USD

Transaksi internasional China dalam Yuan melampaui yang dilakukan dalam dolar untuk pertama kalinya pada kuartal pertama 2023, menurut analisis Nikkei. Baca Juga:Sanksi Barat ke Rusia Bakal Jadi Senjata Makan Tuan buat AS, Dedolarisasi Buktinya

Daya tarik mata uang Yuan juga memikat negara-negara pihak ketiga yang ikut memakainya dalam perdagangan. Seperti, pemerintah Bangladesh usai memberi lampu hijau pembayaran USD318 juta dalam Renminbi (RMB) kepada Perusahaan Energi Atom Negara Rosatom Rusia untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Rooppur.

Penggunaan Yuan juga tercatat cukup besar di Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin. Pada bulan November, China dan sesama anggota BRICS Arab Saudi menandatangani perjanjian pertukaran mata uang senilai USD7 miliar.

"Mencapai otonomi ekonomi strategis menjadi bintang penuntun China," kata Deluard, sembari menekankan bahwa mengurangi ketergantungan pada dolar sangat penting untuk menghindari pengaruh dan pembalasan AS, seperti yang ditunjukkan Barat terhadap Rusia.

"Anda bisa mengambil pelajaran dari kisah Rusia sebagai katalisator," lanjutnya.

Meski begitu, yuan hanya mewakili sebagian kecil dari pembayaran global. Meski naik menjadi 4,5 pada Maret, akan tetapi greenback tetap bertahan untuk mendominasi dengan 47.

Terlepas dari prediksi Presiden Rusia Vladimir Putin pada tahun lalu bahwa dolar AS akan mengalami penurunan relevansi yang "tidak dapat diubah", dolar AS masih tetap dominan. Semua itu terlihat ketika 58,41 dari cadangan dunia dialokasikan dalam dolar AS (USD) pada kuartal IV 2023.

Euro berada pada urutan kedua hanya di bawah 20, dan yuan menempati peringkat keenam dengan 2,29, menurut data Dana Moneter Internasional (IMF).

Menanggapi sanksi internasional yang menghantam, bank sentral Rusia memperkenalkan persyaratan rasio cadangan yang berbeda tahun lalu, dengan menargetkan mata uang negara-negara "tidak ramah". Bank dengan kewajiban dalam mata uang ini harus memiliki cadangan 7,5, sedangkan persyaratan untuk mata uang asing lainnya hanya 5,5.

Upaya China untuk meningkatkan penggunaan yuan bertepatan dengan penimbunan emas, minyak, tembaga, dan sumber daya lainnya yang cepat. Analis menyakini tindakan itu juga bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi.

Deluard membandingkan, strategi tersebut dengan penciptaan Cadangan Minyak Strategis AS setelah mengakui risiko ketergantungan pada minyak Timur Tengah.

Perdagangan China-Rusia telah berkembang pesat sejak perang Ukraina pecah, mencapai rekor omset USD240 miliar tahun lalu. Tetapi sanksi sekunder pemerintahan Biden yang menargetkan aliran keuangan ke industri Rusia yang dianggap mendukung upaya perang Moskow telah membuat frustrasi sektor bisnis antara China dan Rusia. Pedagang Rusia mengeluhkan kesulitan saat menyelesaikan pembayaran.

Pemberi pinjaman utama China, termasuk ICBC, China CITIC Bank dan Industrial Bank Co., dilaporkan telah menghentikan pembayaran sepenuhnya.

Reuters mengutip beberapa sumber bulan lalu, yang memperkirakan bahwa setengah dari transaksi perusahaan Rusia dengan China sekarang ditangani oleh perantara pihak ketiga dari yurisdiksi yang bersahabat seperti Hong Kong, Kazakhstan atau Uni Emirat Arab.

Ekspor China ke tetangga utaranya turun pada Maret untuk pertama kalinya sejak perang Rusia-Ukraina dimulai, dimana tercatat turun mencapai 15,7 YoY.

Topik Menarik