Heroik, Aksi Emak Emak Gagalkan Pencurian Kotak Amal Masjid di Pangkalan Bun

Heroik, Aksi Emak Emak Gagalkan Pencurian Kotak Amal Masjid di Pangkalan Bun

Berita Utama | kobar.inews.id | Kamis, 30 Mei 2024 - 08:30
share

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Heroik. Aksi emak emak gagalkan pencurian kotak amal masjid di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Aksi pencurian terjadi di Masjid Nurul Jannah yang terletak di JalanKasan Rejo RT.20, Kelurahan Sidorejo, Pangkalan Bun.

Seorang emak-emak berbaju kuning berhasil menggagalkan usaha pencurian kotak amal pada Minggu(26/5/2024) siang yang terekam jelas kamera CCTV.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 13.21 WIB ketika seorang pria paruh baya dengan nekat mencoba mencurikotak amal milik masjid. Dalam rekaman CCTV, terlihat pelaku berusaha membawa kabur kotak amal yang dibungkus dengan sarung.

Namun, usahanya digagalkan oleh seorang emak-emak yang mengenakan kaos kuning karena kotak amal berhasil jatuh namun pelaku berhasil kabur dengan sepeda motornya.

Menurut Mukarobin ketua RT 20 Sidorejo, Rabu (29/5), seorang saksi mata yang juga warga setempat."Pelaku memecah kotak kaca dan menguras uangnya. Dia lalumembawa kotak amal kayu yang dibung kus sarung. Namun, saat hendak kabur, aksinya dipergoki oleh emak- emak tersebut. Kotak amal sempat terjatuh, diambil lagi oleh pelaku, tetapi dia ketahuan warga dan akhirnya membuang kotak itu di jalan depan rumah H. Mulyono. Pelaku melarikan diri dengan sepeda motor Mio merah putih setelah diteriaki warga, katanya.

Aksi emak-emak berbaju kuning ini mendapatkan banyak pujian dari masyarakat. Keberaniannya dalammenghadapi pencuri di siang bolong menjadi contoh nyata keberanian dan kepedulian terhadap keamananlingkungan sekitar, terutama tempat ibadah.

Masyarakat Sidorejo merasa bangga dan berterima kasih atas tindakan cepat emak-emak tersebut.

"Aksi ini sangat menginspirasi kami. Keberanian emak- emak tersebut patut diacungi jempol. Semoga tindakan ini dapat meningkatkan kesadaran warga untuk lebihpeduli dan waspada terhadap keamanan lingkungan, terutama di tempat ibadah," ujarYusro.

Pihak kepolisian setempat telah menerima laporan terkait pencurian ini dan sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menangkap pelaku. Warga diimbau untuk tetap waspada dan segera melaporkan jika melihataktivitas mencurigakan di sekitar lingkungan mereka.

Topik Menarik