5 Perpustakaan Kece di Jakarta, Dijamin Bikin Betah

5 Perpustakaan Kece di Jakarta, Dijamin Bikin Betah

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 14 Oktober 2022 - 15:00
share

Buat kamu yang bosan jalan-jalan ke mal atau kafe, dan ingin dapatkan suasana nyaman dan tenang, coba deh sekali ke perpustakaan. Hah, kenapa ke perpustakaan? Bukannya membosankan?

Eits, kata siapa ke perpustakaan membosankan? Buat kamu yang belum tahu, ada beberapa perpustakaan umum di Jakarta dan sekitarnya yang sekarang udah kece dan enggak bosenin, lho.

Berikut ini, Indozone sudah merangkum lima perpustakaan di Jakarta dan sekitarnya, yang bisa kamu masukkan sebagai rekomendasi liburan di akhir pekan.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Suasana Perpustakaan Nasional RI, yang berada di kawasan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Selatan. (Instagram/perpusnas.go.id)
Suasana Perpustakaan Nasional RI, yang berada di kawasan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Selatan. (Instagram/perpusnas.go.id)

Sejak diresmikan Presiden Jokowi pada September 2014, Perpustakaan Nasional RI kerap menjadi perhatian warga Jakarta dan sekitar. Sebab, bangunan yang memiliki kurang lebih 24 lantai ini, merupakan perpustakaan tertinggi di dunia.

Fasilitas yang disediakan di sana pun beragam. Mulai dari ruang teater, layanan audiovisual dan multimedia, ruang baca, data center, dan ruangan koleksi buku langka.

Jumlah koleksi buku di sana sebanyak kurang lebih 2,6 juta eksemplar. Semua fasilitas ini dapat kamu nikmati secara gratis.

Ketika menginjakkan kaki di sana, kamu akan merasakan kecanggihan pada layanan di sana. Sebab, hampir seluruh fasilitasnya menggunakan konsep smart library yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Perpusna buka setiap hari. Pada hari Senin - Jumat buka pukul 08.00 - 21.00 WIB, dan Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-16.00 WIB. Sementara ketika ada cuti bersama dan hari libur nasional, Perpusnas tutup.

2. Perpustakaan Jakarta

Suasana perpustakaan Jakarta yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. (Instagram/sintiawithbooks)
Suasana perpustakaan Jakarta yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. (Instagram/sintiawithbooks)

Dengan wajah baru,perpustakaanTaman Ismail Marzuki (TIM) atau Perpustakaan Jakarta kini, enggak lagi hanya sekadar tempat membaca buku. Sebab, perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta ini tampak modern dengan interior yang menarik.

Untuk mengunjungi perpustakaan ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara scan barcode di pintu masuk. Para petugas perpustakaan yang ramah siap membantu.

Tas atau barang yang kamu bawa, nantinya dititipkan di loker yang tersedia di sana. Yang boleh dibawa hanya barang-barang berharga saja.

Bangunan yang didominasi warna beton dan kayu yang hangat, memiliki koleksi perpustakaan yang cukup lengkap. Mulai dari buku anak-anak, buku agama, komputer sampai sastra.

Terdapat kurang lebih 38.000 judul buku, dan sedikitnya 190.000 eksemplar yang bisa kamu baca.

Dirancang oleh arsitek Andra Matin, perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai yang dilengkapi dengan ruang bermain anak-anak, ruang siaran untuk podcast, ruang inklusif untuk para tunanetra mengakses materi braille, serta kafe.

Perpustakaan dengan berbagai fasilitas ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Perpustakaan ini menyediakan keanggotaan, non anggota, hingga kunjungan rombongan, secara gratis!

3. Perpustakaan UI

Suasana perpustakaan Universitas Indonesia yang berlokasi di kawasan Depok. (ui.ac.id)
Suasana perpustakaan Universitas Indonesia yang berlokasi di kawasan Depok. (ui.ac.id)

Beralih ke pinggir Jakarta, terdapat perpustakaan dengan desain bangunan yang luas dan terbuka. Selain itu, ada pula sentuhan modern dan area komersil seperti toko buku, kafe dan gym membuat perpustakaan satu ini terasa seperti mal.

Berdiri di atas tanah 2,5 hektar, Perpustakaan UI memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari ruang baca, ruang penitipan barang, ruang kubikus, ruang rapat, auditorium, dan ruang yang menjadi favorit mahasiswa yaitu ruang komputer.

Sekali kunjungan, masyarakat umum dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Perpustakaan UI punya koleksi sebanyak 1,5 juta buku.

Kamu bisa menggunakan perpustakaan dari hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sementara pada Sabtu, mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

4. Perpustakaan Erasmus Huis

Suasana perpustakaan Erasmus Huis yang berlokasi yang berlokasi di Kedutaan Belanda, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. (Facebook Erasmus Huis)
Suasana perpustakaan Erasmus Huis yang berlokasi yang berlokasi di Kedutaan Belanda, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. (Facebook Erasmus Huis)

Erasmus Huis Library, menjadi perpustakaan lainnya yang sangat \'instagramable\'. Perpustakaan milik Kedutaan Belanda ini, punya 14 ribu koleksi buku.

Sejak selesai direnovasi pada November 2018 lalu, perpustakaan ini menjadi salah satu lokasi tujuan warga Jakarta, khususnya anak muda. Ruangan dingin, wifi gratis, serta desain interior dominan putih dipadu dengan warna coklat, memberikan kesan minimalis dan feminin.

Meskipun hampir seluruh koleksinya berbahasa Belanda, kamu bakal betah karena nyaman. Suasananya juga membuat kamu betah berada di sana seharian.

Perpustakaan Erasmus Huis terletak di belakang gedung Kedutaan Besar Belanda di Jl. Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Kamu enggak dikenakan biaya saat masuk ke perpustakaan itu. Namun, apabila ingin meminjam buku, diharuskan memiliki kartu anggota dengan biaya pembuatan sebesar Rp 30.000 untuk masyarakat umum, dan Rp 15.000 untuk pelajar dan mahasiswa.

Dilihat dari akun Instagram/erasmushui_jakarta, jadwal perpustakaan Erasmus Huis buka dari hari Selasa-Sabtu pukul 10.00 WIB - pukul 16.00 WIB. Di luar perpustakaan juga terdapat spot foto rumah tradisional Belanda. Selain itu, di samping perpustakaan juga terdapat pameran foto.

5. Freedom Institute

Suasana perpustakaan Freedom Institute yang berlokasi di Wisma Bakrie, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. (Twitter/perpus_freedom)
Suasana perpustakaan Freedom Institute yang berlokasi di Wisma Bakrie, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. (Twitter/perpus_freedom)

Rekomendasi perpustakaan kece yang bisa kamu kunjungi yaitu, Freedom Institute. Perpusatakaan yang terletak di lantai dasar Wisma Bakrie, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan ini, punya kurang lebih 10 ribu koleksi buku yang didominasi buku referensi seperti sastra, hukum dan ekonomi.

Desain dinding dan ubin sederhana berwarna abu-abu, memberikan kesan minimalis dalam perpustakaan tersebut. Namun, lemari coklat dan kursi merahnya, membuat perpustakaan ini terlihat elegan.

Sofa dan wifi gratis yang disediakan, membuat para kamu akan merasa betah berlama-lama di Freedom Institute. Perpustakaan ini buka mulai dari hari Senin - Jumat pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Kamu dapat mengakses layanan perpustakaan ini secara gratis. Namun, enggak diperbolehkan untuk membawa pulang buku yang dipinjam. Eits, tapi tenang, sebagai gantinya pengelola perpustakaan menyediakan jasa fotokopi khusus untuk pengunjung.

Gimana, tertarik untuk kunjungi salah satu perpusataan di atas pada akhir pekan?

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik